A Study On Reading Strategies Used By 11TH Grade Students Of Sma Brawijaya Smart School Universitas Brawijaya Malang

Main Author: Herlyna, Ita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/101263/1/THESIS_FULL.pdf
http://repository.ub.ac.id/101263/
Daftar Isi:
  • Ada empat keahlian dalam bahasa didalam proses pembelajaran, seperti berbicara, menulis, membaca, dan mendengarkan. Dari semua keahlian tersebut yang paling penting adalah keahlian membaca, terutama untuk para pelajar asing dalam menguasai proses pembelajaran. Didalam membaca bahasa asing, siswa Indonesia mengalami kesulitan karena bahasa tersebut berbeda dengan bahasa asli. Oleh karena itu, strategi membaca sangat dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari jenis-jenis strategi dalam membaca, strategi yang paling sering digunakan, dan perbedaan yang signifikan pada strategi membaca antara siswa IPA dan IPS di SMA Brawijaya Smart School Universitas Brawijaya Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif yang sesuai dengan riset. Data dari penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner dari Mokhtari dan Sheory (2002), yaitu SORS (Survey of Reading Strategies). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa XI IPA 1 dan siswa XI IPS 2. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan semua strategi membaca siswa IPA termasuk kedalam level tinggi. Hal itu berarti bahwa mereka selalu menggunakan strategi membaca, kemungkinan karena strategi membaca itu sangat penting untuk mereka. Sedangkan, penggunaan semua strategi membaca siswa IPS termasuk kedalam level sedang, yang berarti mereka kadang-kadang menggunakan strategi membaca dan mereka menganggap bahwa strategi membaca penting untuk mereka. Secara spesifik, para siswa memfavoritkan problem-solving strategi sebagai strategi yang paling banyak digunakan, diikuti juga oleh support strategi dan global strategi. Antara siswa IPA dan IPS terdapat perbedaan yang signifikan dalam penggunaan strategi membaca. Mengenai betapa pentingnya strategi dalam membaca, para siswa harus bisa menerapkan strategi membaca dalam proses pembelajaran, sehingga mereka akan mendapatkan banyak pengetahuan dan bisa bersaing di sekolah internasional. Selain itu, para guru dapat membantu mereka untuk memahami pentingnya strategi dalam membaca. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat mencari faktor yang membuat para pelajar menggunakan strategi membaca yang berbeda.