A Study On Reading Strategies Used By 11TH Grade Students Of Sma Brawijaya Smart School Universitas Brawijaya Malang

Main Author: Herlyna, Ita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/101263/1/THESIS_FULL.pdf
http://repository.ub.ac.id/101263/
ctrlnum 101263
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/101263/</relation><title>A Study On Reading Strategies Used By 11TH Grade Students Of Sma Brawijaya Smart School Universitas Brawijaya Malang</title><creator>Herlyna, Ita</creator><subject>420 English and Old English (Anglo-Saxon)</subject><description>Ada empat keahlian dalam bahasa didalam proses pembelajaran, seperti berbicara, menulis, membaca, dan mendengarkan. Dari semua keahlian tersebut yang paling penting adalah keahlian membaca, terutama untuk para pelajar asing dalam menguasai proses pembelajaran. Didalam membaca bahasa asing, siswa Indonesia mengalami kesulitan karena bahasa tersebut berbeda dengan bahasa asli. Oleh karena itu, strategi membaca sangat dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari jenis-jenis strategi dalam membaca, strategi yang paling sering digunakan, dan perbedaan yang signifikan pada strategi membaca antara siswa IPA dan IPS di SMA Brawijaya Smart School Universitas Brawijaya Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif yang sesuai dengan riset. Data dari penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner dari Mokhtari dan Sheory (2002), yaitu SORS (Survey of Reading Strategies). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa XI IPA 1 dan siswa XI IPS 2. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan semua strategi membaca siswa IPA termasuk kedalam level tinggi. Hal itu berarti bahwa mereka selalu menggunakan strategi membaca, kemungkinan karena strategi membaca itu sangat penting untuk mereka. Sedangkan, penggunaan semua strategi membaca siswa IPS termasuk kedalam level sedang, yang berarti mereka kadang-kadang menggunakan strategi membaca dan mereka menganggap bahwa strategi membaca penting untuk mereka. Secara spesifik, para siswa memfavoritkan problem-solving strategi sebagai strategi yang paling banyak digunakan, diikuti juga oleh support strategi dan global strategi. Antara siswa IPA dan IPS terdapat perbedaan yang signifikan dalam penggunaan strategi membaca. Mengenai betapa pentingnya strategi dalam membaca, para siswa harus bisa menerapkan strategi membaca dalam proses pembelajaran, sehingga mereka akan mendapatkan banyak pengetahuan dan bisa bersaing di sekolah internasional. Selain itu, para guru dapat membantu mereka untuk memahami pentingnya strategi dalam membaca. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat mencari faktor yang membuat para pelajar menggunakan strategi membaca yang berbeda.</description><date>2014-01-22</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/101263/1/THESIS_FULL.pdf</identifier><identifier> Herlyna, Ita (2014) A Study On Reading Strategies Used By 11TH Grade Students Of Sma Brawijaya Smart School Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FBS/2014/98/051400864</relation><recordID>101263</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Herlyna, Ita
title A Study On Reading Strategies Used By 11TH Grade Students Of Sma Brawijaya Smart School Universitas Brawijaya Malang
publishDate 2014
topic 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
url http://repository.ub.ac.id/101263/1/THESIS_FULL.pdf
http://repository.ub.ac.id/101263/
contents Ada empat keahlian dalam bahasa didalam proses pembelajaran, seperti berbicara, menulis, membaca, dan mendengarkan. Dari semua keahlian tersebut yang paling penting adalah keahlian membaca, terutama untuk para pelajar asing dalam menguasai proses pembelajaran. Didalam membaca bahasa asing, siswa Indonesia mengalami kesulitan karena bahasa tersebut berbeda dengan bahasa asli. Oleh karena itu, strategi membaca sangat dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari jenis-jenis strategi dalam membaca, strategi yang paling sering digunakan, dan perbedaan yang signifikan pada strategi membaca antara siswa IPA dan IPS di SMA Brawijaya Smart School Universitas Brawijaya Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif yang sesuai dengan riset. Data dari penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner dari Mokhtari dan Sheory (2002), yaitu SORS (Survey of Reading Strategies). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa XI IPA 1 dan siswa XI IPS 2. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan semua strategi membaca siswa IPA termasuk kedalam level tinggi. Hal itu berarti bahwa mereka selalu menggunakan strategi membaca, kemungkinan karena strategi membaca itu sangat penting untuk mereka. Sedangkan, penggunaan semua strategi membaca siswa IPS termasuk kedalam level sedang, yang berarti mereka kadang-kadang menggunakan strategi membaca dan mereka menganggap bahwa strategi membaca penting untuk mereka. Secara spesifik, para siswa memfavoritkan problem-solving strategi sebagai strategi yang paling banyak digunakan, diikuti juga oleh support strategi dan global strategi. Antara siswa IPA dan IPS terdapat perbedaan yang signifikan dalam penggunaan strategi membaca. Mengenai betapa pentingnya strategi dalam membaca, para siswa harus bisa menerapkan strategi membaca dalam proses pembelajaran, sehingga mereka akan mendapatkan banyak pengetahuan dan bisa bersaing di sekolah internasional. Selain itu, para guru dapat membantu mereka untuk memahami pentingnya strategi dalam membaca. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat mencari faktor yang membuat para pelajar menggunakan strategi membaca yang berbeda.
id IOS4666.101263
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-18T05:39:50Z
last_indexed 2021-10-28T06:51:19Z
recordtype dc
_version_ 1751455932900966400
score 17.538404