Error Analysis on English Consonants Pronunciation Produced by Second Semester Students of Study Program of English Universitas Brawijaya

Main Author: Widyaningtyas, Ishardini
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/101111/1/Error_Analysis_on_English_Consonants_Pronunciation_Produced_by_Second_semester_Students_of_Study_.pdf
http://repository.ub.ac.id/101111/
ctrlnum 101111
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/101111/</relation><title>Error Analysis on English Consonants Pronunciation Produced by Second Semester Students of Study Program of English Universitas Brawijaya</title><creator>Widyaningtyas, Ishardini</creator><subject>420 English and Old English (Anglo-Saxon)</subject><description>Dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing, banyak pelajar menghadapi kesulitan sehingga menghasilkan kesalahan terutama dalam mengucapkan konsonan serta vokal Bahasa Inggris. Dalam penelitian ini, penulis tertarik untuk menganalisis kesalahan fonologis yang terjadi pada mahasiswa semester kedua Program Studi Bahasa Inggris Universitas Brawijaya berkaitan dengan konsonan Bahasa Inggris. Oleh karena itu, fokus utama dari penelitian ini adalah 24 konsonan Bahasa Inggris. Dengan melakukan penelitian ini, penulis mampu menemukan: pertama, kesalahan pengucapan pada konsonan Bahasa Inggris oleh mahasiswa semester kedua; dan kedua, faktor yang mungkin mempengaruhi kesalahan mereka. Dalam menjawab masalah penelitian yang pertama, penulis menggunakan teori dari Kelly dan juga Ladefoged dan kawan - kawan. Sementara itu, dalam menjawab masalah penelitian yang kedua, penulis menggunakan teori dari Kenworthy dan juga Piske dan kawan - kawan. Selain itu, penulis melakukan penelitiannya dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, penulis terlebih dahulu mencatat pengucapan mahasiswa semester kedua Program Studi Bahasa Inggris Universitas Brawijaya ketika mereka membaca tugas pengucapan yang disediakan. Kemudian, dia menuliskan pengucapan mereka secara fonemik. Hasilnya menunjukkan bahwa para siswa mengalami kesalahan dalam mengucapkan tiga belas konsonan, yaitu /g/, /h/, /j/, /k/, /v/, /z/, /&#x2A4;/, /&#x2A7;/, /&#x275; /, /&#xF0;/, /&#x19E;/, /&#x292;/, dan /&#x283;/. Sementara untuk konsonan seperti /b/, /d/, /f/, /l/, /m/, /n/, /p/, /r/, /s/, /t/, dan /w/ merupakan konsonan yang bebas dari kesalahan pengucapan. Sebagai tambahan, konsonan Bahasa Inggris yang paling sulit bagi para siswa adalah konsonan /v/. Penulis juga menemukan 3 penyebab yang memberikan dampak terhadap kesalahan siswa dalam pengucapan, yaitu interferensi dari bahasa pertama ke bahasa kedua, instruksi formal, dan paparan dari jumlah penggunaan bahasa kedua. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa semester kedua belum menguasai pengucapan Bahasa Inggris karena sebagian besar dari mereka masih dipengaruhi oleh sistem pengucapan bahasa pertama mereka. Akhirnya, penulis menyarankan para peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai bahasa lisan karena jumlah penelitian semacam ini terbatas. Mereka bisa melanjutkan penelitian ini dan menemukan informasi lebih banyak mengenai kelemahan siswa dalam mengucapkan kata-kata Bahasa Ingg</description><date>2014-08-22</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/101111/1/Error_Analysis_on_English_Consonants_Pronunciation_Produced_by_Second_semester_Students_of_Study_.pdf</identifier><identifier> Widyaningtyas, Ishardini (2014) Error Analysis on English Consonants Pronunciation Produced by Second Semester Students of Study Program of English Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FBS/2014/405/051405733</relation><recordID>101111</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Widyaningtyas, Ishardini
title Error Analysis on English Consonants Pronunciation Produced by Second Semester Students of Study Program of English Universitas Brawijaya
publishDate 2014
topic 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
url http://repository.ub.ac.id/101111/1/Error_Analysis_on_English_Consonants_Pronunciation_Produced_by_Second_semester_Students_of_Study_.pdf
http://repository.ub.ac.id/101111/
contents Dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing, banyak pelajar menghadapi kesulitan sehingga menghasilkan kesalahan terutama dalam mengucapkan konsonan serta vokal Bahasa Inggris. Dalam penelitian ini, penulis tertarik untuk menganalisis kesalahan fonologis yang terjadi pada mahasiswa semester kedua Program Studi Bahasa Inggris Universitas Brawijaya berkaitan dengan konsonan Bahasa Inggris. Oleh karena itu, fokus utama dari penelitian ini adalah 24 konsonan Bahasa Inggris. Dengan melakukan penelitian ini, penulis mampu menemukan: pertama, kesalahan pengucapan pada konsonan Bahasa Inggris oleh mahasiswa semester kedua; dan kedua, faktor yang mungkin mempengaruhi kesalahan mereka. Dalam menjawab masalah penelitian yang pertama, penulis menggunakan teori dari Kelly dan juga Ladefoged dan kawan - kawan. Sementara itu, dalam menjawab masalah penelitian yang kedua, penulis menggunakan teori dari Kenworthy dan juga Piske dan kawan - kawan. Selain itu, penulis melakukan penelitiannya dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, penulis terlebih dahulu mencatat pengucapan mahasiswa semester kedua Program Studi Bahasa Inggris Universitas Brawijaya ketika mereka membaca tugas pengucapan yang disediakan. Kemudian, dia menuliskan pengucapan mereka secara fonemik. Hasilnya menunjukkan bahwa para siswa mengalami kesalahan dalam mengucapkan tiga belas konsonan, yaitu /g/, /h/, /j/, /k/, /v/, /z/, /ʤ/, /ʧ/, /ɵ /, /ð/, /ƞ/, /ʒ/, dan /ʃ/. Sementara untuk konsonan seperti /b/, /d/, /f/, /l/, /m/, /n/, /p/, /r/, /s/, /t/, dan /w/ merupakan konsonan yang bebas dari kesalahan pengucapan. Sebagai tambahan, konsonan Bahasa Inggris yang paling sulit bagi para siswa adalah konsonan /v/. Penulis juga menemukan 3 penyebab yang memberikan dampak terhadap kesalahan siswa dalam pengucapan, yaitu interferensi dari bahasa pertama ke bahasa kedua, instruksi formal, dan paparan dari jumlah penggunaan bahasa kedua. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa semester kedua belum menguasai pengucapan Bahasa Inggris karena sebagian besar dari mereka masih dipengaruhi oleh sistem pengucapan bahasa pertama mereka. Akhirnya, penulis menyarankan para peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai bahasa lisan karena jumlah penelitian semacam ini terbatas. Mereka bisa melanjutkan penelitian ini dan menemukan informasi lebih banyak mengenai kelemahan siswa dalam mengucapkan kata-kata Bahasa Ingg
id IOS4666.101111
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-18T05:39:44Z
last_indexed 2021-10-28T06:51:13Z
recordtype dc
_version_ 1751455938046328832
score 17.538404