A Semiotic Analysis on Whiskas’s Big Cat Little Cat Edition Printed Advertisement
Main Author: | Nisa, NabilahKhoirun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/101076/1/SKRIPSI_NABILAH_KN.pdf http://repository.ub.ac.id/101076/2/SKRIPSI_SECTIA_ANANDYNI_NURRITRI_%280911120175%29.pdf http://repository.ub.ac.id/101076/ |
Daftar Isi:
- Iklan tidak dapat dipisahkan dar kehidupan manusia. Iklan adalah teknik pemasaran masa yang mempengaruhi konsumen mengapa mereka membutuhkan produk yang sedang diiklankan. Peneliti menggunakan iklan cetak Whiskas edisi Big Cat Little Cat untuk dianalisa. Terdapat dua rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Tanda tanda semiotika apa yang digunakan dalam iklan cetak Whiskas edisi Big Cat Little Cat Edition; (2) Apa arti dari masing-masing tanda yang terdapat pada iklan cetak Whiskas edisi Big Cat Little Cat. Dalam penelitian ini, metode kualitatif dengan analisa dokumen digunakan untuk menganalisa dan mengidentifikasi tanda, menemukan arti dari tanda dan hubungan dari tanda dan slogan yang ada pada iklan cetak Whiskas edisi Big Cat Little Cat. Peneliti menggunakan penulis menggunakan teori tipe-tipe tanda yang diusulkan Peirce untuk menganalisa data. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa terdapat total 69 tanda terdiri dari 32 ikon, 27 indeks dan 10 simbol ditemukan pada iklan cetak yang telah dianalisa menggunakan teori tipe-tipe tanda yang diusulkan Peirce. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada iklan cetak Whiskas edisi Big Cat Little Cat, ikon adalah tanda yang muncul terbanyak pada iklan tersebut. Tiap tiap tanda mempunyai peran untuk memperkuat dan memperjelas gagasan dari iklan tersebut. Logo dari Whiskas dan slogan “feeding your cat‟s instinct” muncul hampir di setiap iklan dan menjadi pengontrol dari gagasan yang terdapat pada iklan. Peneliti menyarankan Fakultas Ilmu Budaya untuk menyediakan lebih banyak buku tentang Semiotika baik yang berbahasa Inggris maupun yang berbahasa Indonesia karena hanya terdapat beberapa buku yang membahas tentang Semiotika. Peneliti juga menyarankan periset selanjutnya untuk menemukan objek penelitian lainnya seperti iklan bilboard, iklan TV, iklan internet, kartun politik, poster film dan lain lain untuk meningkatkan pemahaman pada bidang Semiotik.