A Semiotic Analysis on Whiskas’s Big Cat Little Cat Edition Printed Advertisement

Main Author: Nisa, NabilahKhoirun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/101076/1/SKRIPSI_NABILAH_KN.pdf
http://repository.ub.ac.id/101076/2/SKRIPSI_SECTIA_ANANDYNI_NURRITRI_%280911120175%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/101076/
ctrlnum 101076
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/101076/</relation><title>A Semiotic Analysis on Whiskas&#x2019;s Big Cat Little Cat Edition Printed Advertisement.</title><creator>Nisa, NabilahKhoirun</creator><subject>420 English and Old English (Anglo-Saxon)</subject><description>Iklan tidak dapat dipisahkan dar kehidupan manusia. Iklan adalah teknik pemasaran masa yang mempengaruhi konsumen mengapa mereka membutuhkan produk yang sedang diiklankan. Peneliti menggunakan iklan cetak Whiskas edisi Big Cat Little Cat untuk dianalisa. Terdapat dua rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Tanda tanda semiotika apa yang digunakan dalam iklan cetak Whiskas edisi Big Cat Little Cat Edition; (2) Apa arti dari masing-masing tanda yang terdapat pada iklan cetak Whiskas edisi Big Cat Little Cat. Dalam penelitian ini, metode kualitatif dengan analisa dokumen digunakan untuk menganalisa dan mengidentifikasi tanda, menemukan arti dari tanda dan hubungan dari tanda dan slogan yang ada pada iklan cetak Whiskas edisi Big Cat Little Cat. Peneliti menggunakan penulis menggunakan teori tipe-tipe tanda yang diusulkan Peirce untuk menganalisa data. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa terdapat total 69 tanda terdiri dari 32 ikon, 27 indeks dan 10 simbol ditemukan pada iklan cetak yang telah dianalisa menggunakan teori tipe-tipe tanda yang diusulkan Peirce. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada iklan cetak Whiskas edisi Big Cat Little Cat, ikon adalah tanda yang muncul terbanyak pada iklan tersebut. Tiap tiap tanda mempunyai peran untuk memperkuat dan memperjelas gagasan dari iklan tersebut. Logo dari Whiskas dan slogan &#x201C;feeding your cat&#x201F;s instinct&#x201D; muncul hampir di setiap iklan dan menjadi pengontrol dari gagasan yang terdapat pada iklan. Peneliti menyarankan Fakultas Ilmu Budaya untuk menyediakan lebih banyak buku tentang Semiotika baik yang berbahasa Inggris maupun yang berbahasa Indonesia karena hanya terdapat beberapa buku yang membahas tentang Semiotika. Peneliti juga menyarankan periset selanjutnya untuk menemukan objek penelitian lainnya seperti iklan bilboard, iklan TV, iklan internet, kartun politik, poster film dan lain lain untuk meningkatkan pemahaman pada bidang Semiotik.</description><date>2014-07-25</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/101076/1/SKRIPSI_NABILAH_KN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/101076/2/SKRIPSI_SECTIA_ANANDYNI_NURRITRI_%280911120175%29.pdf</identifier><identifier> Nisa, NabilahKhoirun (2014) A Semiotic Analysis on Whiskas&#x2019;s Big Cat Little Cat Edition Printed Advertisement. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FBS/2014/369/051405640</relation><recordID>101076</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Nisa, NabilahKhoirun
title A Semiotic Analysis on Whiskas’s Big Cat Little Cat Edition Printed Advertisement
publishDate 2014
isbn 280911120175
topic 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
url http://repository.ub.ac.id/101076/1/SKRIPSI_NABILAH_KN.pdf
http://repository.ub.ac.id/101076/2/SKRIPSI_SECTIA_ANANDYNI_NURRITRI_%280911120175%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/101076/
contents Iklan tidak dapat dipisahkan dar kehidupan manusia. Iklan adalah teknik pemasaran masa yang mempengaruhi konsumen mengapa mereka membutuhkan produk yang sedang diiklankan. Peneliti menggunakan iklan cetak Whiskas edisi Big Cat Little Cat untuk dianalisa. Terdapat dua rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Tanda tanda semiotika apa yang digunakan dalam iklan cetak Whiskas edisi Big Cat Little Cat Edition; (2) Apa arti dari masing-masing tanda yang terdapat pada iklan cetak Whiskas edisi Big Cat Little Cat. Dalam penelitian ini, metode kualitatif dengan analisa dokumen digunakan untuk menganalisa dan mengidentifikasi tanda, menemukan arti dari tanda dan hubungan dari tanda dan slogan yang ada pada iklan cetak Whiskas edisi Big Cat Little Cat. Peneliti menggunakan penulis menggunakan teori tipe-tipe tanda yang diusulkan Peirce untuk menganalisa data. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa terdapat total 69 tanda terdiri dari 32 ikon, 27 indeks dan 10 simbol ditemukan pada iklan cetak yang telah dianalisa menggunakan teori tipe-tipe tanda yang diusulkan Peirce. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada iklan cetak Whiskas edisi Big Cat Little Cat, ikon adalah tanda yang muncul terbanyak pada iklan tersebut. Tiap tiap tanda mempunyai peran untuk memperkuat dan memperjelas gagasan dari iklan tersebut. Logo dari Whiskas dan slogan “feeding your cat‟s instinct” muncul hampir di setiap iklan dan menjadi pengontrol dari gagasan yang terdapat pada iklan. Peneliti menyarankan Fakultas Ilmu Budaya untuk menyediakan lebih banyak buku tentang Semiotika baik yang berbahasa Inggris maupun yang berbahasa Indonesia karena hanya terdapat beberapa buku yang membahas tentang Semiotika. Peneliti juga menyarankan periset selanjutnya untuk menemukan objek penelitian lainnya seperti iklan bilboard, iklan TV, iklan internet, kartun politik, poster film dan lain lain untuk meningkatkan pemahaman pada bidang Semiotik.
id IOS4666.101076
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-18T05:39:38Z
last_indexed 2021-10-28T06:51:08Z
recordtype dc
_version_ 1751455939360194560
score 17.538404