English Reading Miscue Analysis on Autistic Spectrum Disorder (ASD) Students at the Inclusive School Galuh Handayani Surabaya: A Case Study

Main Author: Astiwidya, VirandhaDeaAyu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/101040/1/THESIS_VIRANDHA_DEA_AYU_ASTIWIDYA_%28105110107111021%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/101040/
ctrlnum 101040
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/101040/</relation><title>English Reading Miscue Analysis on Autistic Spectrum Disorder (ASD) Students at the Inclusive School Galuh Handayani Surabaya: A Case Study</title><creator>Astiwidya, VirandhaDeaAyu</creator><subject>420 English and Old English (Anglo-Saxon)</subject><description>Kebiasaan membaca berpotensi memberikan kontribusi yang relatif besar dalam meningkatkan pengetahuan manusia. Membaca perlu ditingkatkan karena dipercaya sebagai jendela pengetahuan dunia yang bertujuan untuk mendapatkan sumber wawasan. Analisa kekeliruan digunakan sebagai pedoman yang dapat mendorong pembaca untuk mengelola sendiri pengembangan kemampuan membacanya. Instruksi pada Retrospective Miscue Analysis (RMA) meliputi membaca teks keras, menceritakan kembali dan sesi berdiskusi yang mana berkontribusi secara intensif untuk pembaca dalam mengembangkan kemampuan membaca mereka. Penelitian ini dimaksudkan, pertama, untuk mengetahui jenis kekeliruan dan kedua, mengidentifikasi faktor-faktor yang berkontribusi dalam produksi kekeliruan oleh mahasiswa autis pada perguruan tinggi di sekolah inklusif Galuh Handayani Surabaya. Dalam menarik hasil penelitian yang terpercaya, penulis menggunakan teori RMA (1969) dan teori Kern (1988). Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan studi kasus untuk mendapatkan hasil penelitian yang lebih komprehensif dan detil. Dalam sesi pengumpulan data, penulis memilih dua siswa ASD tipe Asperger yang memenuhi syarat untuk berpartisipasi dalam penelitian ini. Data berasal dari transkrip dari semua ucapan dua peserta saat melakukan semua kegiatan dalam prosedur RMA Mahasiswa membuat 129 kekeliruan, diantaranya adalah 62 (48%) penghilangan, 46 (36%) penggantian, 10 (8%) pembenaran sendiri, 5 (4%) pembalikan, 4 (3%) sisipan dan 2 (1%) pengulangan. Hasil identifikasi faktor menunjukkan, linguistik, afektif dan kognitif adalah sebagai tiga faktor utama yang berkontribusi pada produksi kekeliruan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahkan pembaca yang baik pada tingkat autis dapat melakukan kekeliruan. Hasil temuan tersebut tidak bisa digeneralisasikan sebagai hasil keseluruhan kasus untuk autis. Penulis menyarankan untuk penulis berikutnya yang ingin melakukan penelitian dengan konsentrasi yang sama untuk menguji menguji subyek yang berbeda dengan menggunakan RMA ditinjau dari berbagai aspek.</description><date>2014-08-13</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/101040/1/THESIS_VIRANDHA_DEA_AYU_ASTIWIDYA_%28105110107111021%29.pdf</identifier><identifier> Astiwidya, VirandhaDeaAyu (2014) English Reading Miscue Analysis on Autistic Spectrum Disorder (ASD) Students at the Inclusive School Galuh Handayani Surabaya: A Case Study. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FBS/2014/336/051405607</relation><recordID>101040</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Astiwidya, VirandhaDeaAyu
title English Reading Miscue Analysis on Autistic Spectrum Disorder (ASD) Students at the Inclusive School Galuh Handayani Surabaya: A Case Study
publishDate 2014
isbn 2810511010711
topic 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
url http://repository.ub.ac.id/101040/1/THESIS_VIRANDHA_DEA_AYU_ASTIWIDYA_%28105110107111021%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/101040/
contents Kebiasaan membaca berpotensi memberikan kontribusi yang relatif besar dalam meningkatkan pengetahuan manusia. Membaca perlu ditingkatkan karena dipercaya sebagai jendela pengetahuan dunia yang bertujuan untuk mendapatkan sumber wawasan. Analisa kekeliruan digunakan sebagai pedoman yang dapat mendorong pembaca untuk mengelola sendiri pengembangan kemampuan membacanya. Instruksi pada Retrospective Miscue Analysis (RMA) meliputi membaca teks keras, menceritakan kembali dan sesi berdiskusi yang mana berkontribusi secara intensif untuk pembaca dalam mengembangkan kemampuan membaca mereka. Penelitian ini dimaksudkan, pertama, untuk mengetahui jenis kekeliruan dan kedua, mengidentifikasi faktor-faktor yang berkontribusi dalam produksi kekeliruan oleh mahasiswa autis pada perguruan tinggi di sekolah inklusif Galuh Handayani Surabaya. Dalam menarik hasil penelitian yang terpercaya, penulis menggunakan teori RMA (1969) dan teori Kern (1988). Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan studi kasus untuk mendapatkan hasil penelitian yang lebih komprehensif dan detil. Dalam sesi pengumpulan data, penulis memilih dua siswa ASD tipe Asperger yang memenuhi syarat untuk berpartisipasi dalam penelitian ini. Data berasal dari transkrip dari semua ucapan dua peserta saat melakukan semua kegiatan dalam prosedur RMA Mahasiswa membuat 129 kekeliruan, diantaranya adalah 62 (48%) penghilangan, 46 (36%) penggantian, 10 (8%) pembenaran sendiri, 5 (4%) pembalikan, 4 (3%) sisipan dan 2 (1%) pengulangan. Hasil identifikasi faktor menunjukkan, linguistik, afektif dan kognitif adalah sebagai tiga faktor utama yang berkontribusi pada produksi kekeliruan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahkan pembaca yang baik pada tingkat autis dapat melakukan kekeliruan. Hasil temuan tersebut tidak bisa digeneralisasikan sebagai hasil keseluruhan kasus untuk autis. Penulis menyarankan untuk penulis berikutnya yang ingin melakukan penelitian dengan konsentrasi yang sama untuk menguji menguji subyek yang berbeda dengan menggunakan RMA ditinjau dari berbagai aspek.
id IOS4666.101040
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-18T05:39:38Z
last_indexed 2021-10-28T06:51:08Z
recordtype dc
_version_ 1751455941870485504
score 17.538404