A Semiotic Analysis on Movie Posters of Harry Potter and the Deathly Hallows
Main Author: | Burty, AnnisaDhania |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/100735/1/SKRIPSI.pdf http://repository.ub.ac.id/100735/ |
Daftar Isi:
- Poster film memiliki tujuan komersial sebagai media untuk mengiklankan film. Poster film memberikan pandangan mengenai film tersebut.dalam studi ini Penulis memilih poster film Harry Potter and the Deathly Hallows sebagai objek yang akan dianalisis dengan menggunakan studi semiotik. Sekuel film ini dibagi menjadi dua bagian. Ada tujuh poster yang akan dianalisa dalam studi ini, tiga poster film dari masing-masing seri ditambah satu poster film yang mempromosikan kedua seri tersebut. Setiap elemen yang digunakan dalam poster film membawa arti tersendiri. Ada dua rumusan masalah dalam penelitian ini: (1) apa tanda-tanda semiotika yang dapat ditemukan pada poster film Harry Potter and the Deathly Hallows, (2) apa interpretasi yang dapat ditangkap dari tandatanda yang digunakan dalam poster film Harry Potter and the Deathly Hallows. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menerapkan dokumen analisis karena studi ini berfokus pada identifikasi tanda-tanda yang ditemukan dalam poster film Harry Potter and the Deathly Hallows. Penelitian ini menggunakan teori makna konotatif diusulkan oleh Chandler (2002) dan juga Pierce (1982) teori klasifikasi bentuk- bentuk tanda. Berdasarkan hasil yang didapat, penelitian ini menemukan bahwa fungsi dari tanda di tiap poster film adalah sebagai ilustrasi sekaligus panduan tentang jalan cerita sepanjang film. Selanjutnya, skema warna yang digunakan dalam poster film berfungsi membangun genre dan tema. Konotasi yang terbentuk dari poster-poster dalam film ini menggambarkan pertempuran antara tokoh baik dan jahat dan juga kematian. Konotasi dibuat berdasarkan hubungan poster film dan jalan cerita di sepanjang film. Penulis menyarankan kepada peneliti selanjutnya untuk dapat memenuhi keterbatasan dalam penelitian ini dengan mengambil penelitian lebih lanjut. Peneliti-peneliti selanjutnya juga dapat menerapkan studi semiotika dalam media komunikasi visual lainnya, misalnya seni fotografi, banner, dan iklan cetak.