A Semiotic Analysis on Movie Posters of Harry Potter and the Deathly Hallows

Main Author: Burty, AnnisaDhania
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/100735/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.ub.ac.id/100735/
ctrlnum 100735
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/100735/</relation><title>A Semiotic Analysis on Movie Posters of Harry Potter and the Deathly Hallows</title><creator>Burty, AnnisaDhania</creator><subject>420 English and Old English (Anglo-Saxon)</subject><description>Poster film memiliki tujuan komersial sebagai media untuk mengiklankan film. Poster film memberikan pandangan mengenai film tersebut.dalam studi ini Penulis memilih poster film Harry Potter and the Deathly Hallows sebagai objek yang akan dianalisis dengan menggunakan studi semiotik. Sekuel film ini dibagi menjadi dua bagian. Ada tujuh poster yang akan dianalisa dalam studi ini, tiga poster film dari masing-masing seri ditambah satu poster film yang mempromosikan kedua seri tersebut. Setiap elemen yang digunakan dalam poster film membawa arti tersendiri. Ada dua rumusan masalah dalam penelitian ini: (1) apa tanda-tanda semiotika yang dapat ditemukan pada poster film Harry Potter and the Deathly Hallows, (2) apa interpretasi yang dapat ditangkap dari tandatanda yang digunakan dalam poster film Harry Potter and the Deathly Hallows. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menerapkan dokumen analisis karena studi ini berfokus pada identifikasi tanda-tanda yang ditemukan dalam poster film Harry Potter and the Deathly Hallows. Penelitian ini menggunakan teori makna konotatif diusulkan oleh Chandler (2002) dan juga Pierce (1982) teori klasifikasi bentuk- bentuk tanda. Berdasarkan hasil yang didapat, penelitian ini menemukan bahwa fungsi dari tanda di tiap poster film adalah sebagai ilustrasi sekaligus panduan tentang jalan cerita sepanjang film. Selanjutnya, skema warna yang digunakan dalam poster film berfungsi membangun genre dan tema. Konotasi yang terbentuk dari poster-poster dalam film ini menggambarkan pertempuran antara tokoh baik dan jahat dan juga kematian. Konotasi dibuat berdasarkan hubungan poster film dan jalan cerita di sepanjang film. Penulis menyarankan kepada peneliti selanjutnya untuk dapat memenuhi keterbatasan dalam penelitian ini dengan mengambil penelitian lebih lanjut. Peneliti-peneliti selanjutnya juga dapat menerapkan studi semiotika dalam media komunikasi visual lainnya, misalnya seni fotografi, banner, dan iklan cetak.</description><date>2013-08-16</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/100735/1/SKRIPSI.pdf</identifier><identifier> Burty, AnnisaDhania (2013) A Semiotic Analysis on Movie Posters of Harry Potter and the Deathly Hallows. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FBS/2013/56/051304799</relation><recordID>100735</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Burty, AnnisaDhania
title A Semiotic Analysis on Movie Posters of Harry Potter and the Deathly Hallows
publishDate 2013
topic 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
url http://repository.ub.ac.id/100735/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.ub.ac.id/100735/
contents Poster film memiliki tujuan komersial sebagai media untuk mengiklankan film. Poster film memberikan pandangan mengenai film tersebut.dalam studi ini Penulis memilih poster film Harry Potter and the Deathly Hallows sebagai objek yang akan dianalisis dengan menggunakan studi semiotik. Sekuel film ini dibagi menjadi dua bagian. Ada tujuh poster yang akan dianalisa dalam studi ini, tiga poster film dari masing-masing seri ditambah satu poster film yang mempromosikan kedua seri tersebut. Setiap elemen yang digunakan dalam poster film membawa arti tersendiri. Ada dua rumusan masalah dalam penelitian ini: (1) apa tanda-tanda semiotika yang dapat ditemukan pada poster film Harry Potter and the Deathly Hallows, (2) apa interpretasi yang dapat ditangkap dari tandatanda yang digunakan dalam poster film Harry Potter and the Deathly Hallows. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menerapkan dokumen analisis karena studi ini berfokus pada identifikasi tanda-tanda yang ditemukan dalam poster film Harry Potter and the Deathly Hallows. Penelitian ini menggunakan teori makna konotatif diusulkan oleh Chandler (2002) dan juga Pierce (1982) teori klasifikasi bentuk- bentuk tanda. Berdasarkan hasil yang didapat, penelitian ini menemukan bahwa fungsi dari tanda di tiap poster film adalah sebagai ilustrasi sekaligus panduan tentang jalan cerita sepanjang film. Selanjutnya, skema warna yang digunakan dalam poster film berfungsi membangun genre dan tema. Konotasi yang terbentuk dari poster-poster dalam film ini menggambarkan pertempuran antara tokoh baik dan jahat dan juga kematian. Konotasi dibuat berdasarkan hubungan poster film dan jalan cerita di sepanjang film. Penulis menyarankan kepada peneliti selanjutnya untuk dapat memenuhi keterbatasan dalam penelitian ini dengan mengambil penelitian lebih lanjut. Peneliti-peneliti selanjutnya juga dapat menerapkan studi semiotika dalam media komunikasi visual lainnya, misalnya seni fotografi, banner, dan iklan cetak.
id IOS4666.100735
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-18T05:39:22Z
last_indexed 2021-10-28T06:50:49Z
recordtype dc
_version_ 1751455951688302592
score 17.538404