PENGASUHAN DAN PERAN ORANG TUA (PARENTING) SERTA PENGARUHNYA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI PAUD BANDA ACEH, INDONESIA

Main Authors: Hayati, Fitriah; Dosen Prodi PG-PAUD STKIP Bina Bangsa Getsempena, Mamat, Nordin; Dosen dari Fakultas Pendidikan dan Pembangunan di Universiti Pendidikan Sultan Idris, Malaysia
Other Authors: STKIP BBG Banda Aceh
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Percetakan Prima , 2016
Online Access: http://buahhati.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/8
http://buahhati.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/8/8
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan parenting dengan perkembangan sosial emosional anak usia dini. Parenting ditinjau dari aspek (1) interaksi sosial dan (2) komunikasi dengan anak. Perkembangan sosial emosional diukur dari aspek (1) konsep diri dan (2) mengendalikan emosi. Penelitian ini melibatkan sebanyak 150 sampel yang terdiri dari orang tua dan anak berumur 4-5 tahun dari 3 PAUD (Early Childhood Education) di Banda Aceh, Indonesia. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk orang tua dan lembaran observasi (cheklist) terhadap anak yang telah dimodifikasi sesuai dengan Mississippi Department of Education (2006). Data dianalisis menggunakan ANOVA dan simpel regresi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan pengasuhan (parenting) berdasarkan lokasi tempat tinggal dan tingkat sosial ekonomi. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara parenting dengan perkembangan sosial emosional anak-anak. Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa semakin besar peran orang tua maka semakin baik perkembangan sosial emosional anak.Kata kunci: Parenting, Pendidikan Anak Usia Dini, Sosial Emosional