PENGASUHAN DAN PERAN ORANG TUA (PARENTING) SERTA PENGARUHNYA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI PAUD BANDA ACEH, INDONESIA

Main Authors: Hayati, Fitriah; Dosen Prodi PG-PAUD STKIP Bina Bangsa Getsempena, Mamat, Nordin; Dosen dari Fakultas Pendidikan dan Pembangunan di Universiti Pendidikan Sultan Idris, Malaysia
Other Authors: STKIP BBG Banda Aceh
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Percetakan Prima , 2016
Online Access: http://buahhati.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/8
http://buahhati.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/8/8
ctrlnum article-8
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">PENGASUHAN DAN PERAN ORANG TUA (PARENTING) SERTA PENGARUHNYA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI PAUD BANDA ACEH, INDONESIA</title><creator>Hayati, Fitriah; Dosen Prodi PG-PAUD STKIP Bina Bangsa Getsempena</creator><creator>Mamat, Nordin; Dosen dari Fakultas Pendidikan dan Pembangunan di Universiti Pendidikan Sultan Idris, Malaysia</creator><description lang="en-US">Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan parenting dengan perkembangan sosial emosional anak usia dini. Parenting &#xA0;ditinjau dari aspek (1) interaksi sosial dan (2) komunikasi dengan anak. Perkembangan sosial emosional diukur dari aspek (1) konsep diri dan (2) mengendalikan emosi. Penelitian ini melibatkan sebanyak 150 sampel yang terdiri dari orang tua dan anak berumur 4-5 tahun dari 3 PAUD (Early Childhood Education) di Banda Aceh, Indonesia. Instrumen yang digunakan dalam penelitian&#xA0; ini adalah angket untuk orang tua dan lembaran observasi (cheklist) terhadap anak yang telah dimodifikasi sesuai dengan Mississippi Department of Education (2006). Data dianalisis menggunakan ANOVA dan simpel regresi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan pengasuhan (parenting) berdasarkan lokasi tempat tinggal dan tingkat sosial ekonomi. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara parenting dengan perkembangan sosial emosional anak-anak. Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa semakin besar peran orang tua maka semakin baik perkembangan sosial emosional anak.Kata kunci: Parenting, Pendidikan Anak Usia Dini, Sosial Emosional</description><publisher lang="en-US">Percetakan Prima</publisher><contributor lang="en-US">STKIP BBG Banda Aceh</contributor><date>2016-03-17</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://buahhati.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/8</identifier><source lang="en-US">Jurnal Buah Hati; Vol 1, No 2 (2014)</source><source>2502-6836</source><source>2355-102X</source><language>eng</language><relation>http://buahhati.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/8/8</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2016 Jurnal Buah Hati</rights><recordID>article-8</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author Hayati, Fitriah; Dosen Prodi PG-PAUD STKIP Bina Bangsa Getsempena
Mamat, Nordin; Dosen dari Fakultas Pendidikan dan Pembangunan di Universiti Pendidikan Sultan Idris, Malaysia
author2 STKIP BBG Banda Aceh
title PENGASUHAN DAN PERAN ORANG TUA (PARENTING) SERTA PENGARUHNYA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI PAUD BANDA ACEH, INDONESIA
publisher Percetakan Prima
publishDate 2016
url http://buahhati.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/8
http://buahhati.stkipgetsempena.ac.id/home/article/view/8/8
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan parenting dengan perkembangan sosial emosional anak usia dini. Parenting ditinjau dari aspek (1) interaksi sosial dan (2) komunikasi dengan anak. Perkembangan sosial emosional diukur dari aspek (1) konsep diri dan (2) mengendalikan emosi. Penelitian ini melibatkan sebanyak 150 sampel yang terdiri dari orang tua dan anak berumur 4-5 tahun dari 3 PAUD (Early Childhood Education) di Banda Aceh, Indonesia. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk orang tua dan lembaran observasi (cheklist) terhadap anak yang telah dimodifikasi sesuai dengan Mississippi Department of Education (2006). Data dianalisis menggunakan ANOVA dan simpel regresi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan pengasuhan (parenting) berdasarkan lokasi tempat tinggal dan tingkat sosial ekonomi. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara parenting dengan perkembangan sosial emosional anak-anak. Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa semakin besar peran orang tua maka semakin baik perkembangan sosial emosional anak.Kata kunci: Parenting, Pendidikan Anak Usia Dini, Sosial Emosional
id IOS4637.article-8
institution STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh
institution_id 174
institution_type library:university
library
library STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh
library_id 431
collection Jurnal Buah Hati
repository_id 4637
subject_area Education and Related Topics/Pendidikan, Penelitian dan Topik Terkait tentang Perpustakaan
city KOTA BANDA ACEH
province ACEH
repoId IOS4637
first_indexed 2017-10-09T05:37:14Z
last_indexed 2017-10-09T05:37:14Z
recordtype dc
_version_ 1686151829776236544
score 17.538404