PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA
Main Authors: | Setianingrum, Murti Ayu, Novitasari, Dian |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta
, 2015
|
Online Access: |
https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/1638 https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/1638/1390 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengamati pengaruh model pembelajaranThinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Cikupa tahun ajaran 2014/2015. Hasil penelitian kelas VII SMP Negeri Cikupa 3 mengungkapkan bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) dengan quasi eksperimental desaign. Dari hasil perhitungan statistika menunjukkan bahwa ratarata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) ini berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa.