PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA

Main Authors: Setianingrum, Murti Ayu, Novitasari, Dian
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta , 2015
Online Access: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/1638
https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/1638/1390
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengamati pengaruh model pembelajaranThinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Cikupa tahun ajaran 2014/2015. Hasil penelitian kelas VII SMP Negeri Cikupa 3 mengungkapkan bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) dengan quasi eksperimental desaign. Dari hasil perhitungan statistika menunjukkan bahwa ratarata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) ini berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa.