Probabilitas Analisa Kestabilan Lereng dengan Pendekatan Nilai Konduktivitas Hidrolik (Studi Kasus Tanggul Barat ModADA PT. Freeport Indonesia)

Main Authors: Hastuti, Yulia, Setiawan, Budhi, Dewi, Ratna
Format: Book PeerReviewed Image
Terbitan: Prodi Teknik Sipil FT Sipil dan Lingkungan , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.unsri.ac.id/5362/1/CCF21042015_00005.jpg
http://eprints.unsri.ac.id/5362/
Daftar Isi:
  • Pengaruh nilai konduktivitas hidrolik pada kestabilan lereng pada suatu tanggul diselidiki dan dipelajari dengan menggunakan kombinasi analisis rembesan , analisis kestabilan lereng, dan konsep probabilitas. Adanya ketidakseragaman karakteristik sifat-sifat tanah, menimbulkan adanya ketidakseragaman dan ketidakpastian pada nilai K. Ketinggian tailing yang bervariasi, juga mempengaruhi kondisi tanggul. Dari hasil perhitungan program SEEP/W, diketahui bahwa pada MA 145 sampai dengan MA 170, nilai debit tidak dipengaruhi oleh tinggi tailing. Sedangkan pada MA 185 sampai dengan MA 190, nilai debit semakin besar dengan semakin tingginya tailing. Berdasarkan hasil program SLOPE/W diketahui selain variasi nilai K dan ketinggian tailing, adanya tekanan tanah dan tekanan air serta besarnya tingkat kepadatan tanah juga dapat mempengaruhi nilai fK. Berdasarkan dari hasil perhitungan diketahui bahwa Probability Density Function (PDF) atau distribusi probabilitas yang sesuai adalah Normal PDF. Sedangkan untuk nilai Indeks Realibilitas dari hasil perhitungan diketahui bahwa probabilitas keruntuhan secara keseluruhan pada tanggul dari nilai indeks realibilitas kecil, yang berarti pada zona ini tanggul berada pada posisi aman. Kata Kunci : Konduktivitas Hidrolik, Kestabilan Lereng, Ketinggian Tailing, Ketidakseragaman dan Ketidakpastian, PDF, Indeks Realibilitas