PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KASUS: BENGRAS KOPI PASAR BARU KOTA PADANG)
Daftar Isi:
- Skripsi ini berjudul “Pengaruh Relationship Marketing dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus: Bengras Kopi Pasar Baru Kota Padang. Disusun oleh Aulia Miftah Rachmidi, NIM 1513060067. Program Studi Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk melihat: (1) bagaimana pengaruh Relationship Marketimg terhadap kepuasan pelanggan bengras kopi pasar baru kota padang, (2) bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Bengras Kopi Pasar Baru Kota Padang (3) bagaimana pengaruh Relationship Marketing dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Bengras Kopi Pasar Baru Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik accidental sampling yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel bila dipandang orang yang kebetulan ditemui cocok sebagai sumber data. Hasil analisis menunjukkan bahwa Relationship Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Bengras Kopi Pasar Baru Kota Padang yang ditunjukkan dengan nilai thitung 7,983 besar dibandingkan ttabel 1,661 dengan nilai signifikan 0,00 kecil dari 0,05. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Bengras Kopi Pasar Baru Kota Padang yang ditunjukkan dengan nilai thitung 4,426 besar dibandingkan ttabel 1,661 dengan nilai signifikan 0,000 kecil dari 0,05. Sedangkan secara simultan menunjukkan bahwa Relationship Marketing dan kualitas pelayana terhadap kepuasan pelanggan Bengras Kopi Pasar Baru Kota Padang berpengaruh positif dan signifikan yang dibuktikan dari metode uji f (simultan) sebesar Fhitung 40,489 > Ftabel 3,09 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Kata Kunci: Relationship Marketing, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan