Daftar Isi:
  • Abstrak Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pemahaman konsep matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) disertai LKS lebih baik dari pada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada kelas XI.IPA SMAN 2 Bayang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI.IPA SMAN 2 Bayang yang terdiri dari lima kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas XI.IPA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI.IPA2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir yang berbentuk essay. Berdasarkan tes akhir yang diperoleh, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Uji statistik yang digunakan untuk pengujian hipotesis penelitian adalah uji-t satu arah. Sehingga, diperoleh hasil uji hipotesis penelitian t_hitung= 3,252 dan t_tabel= 1,645, karena t_(hitung )≥ t_(tabel ) maka H_o ditolak. Dengan demikian, hipotesis diterima yaitu pemahaman konsep matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) disertai LKS lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada kelas XI.IPA SMAN 2 Bayang. Kata Kunci: Think Talk Write (TTW), LKS, Pemahaman Konsep.