Pengaruh Tingkat Margin dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Pada Pengambilan Pembiayaan Murabahah (Studi Kasus Bank Nagari Syariah Cabang Padang)
Daftar Isi:
- Skripsi ini berjudul “Pengaruh Tingkat Margin Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Pada Pengambilan Pembiayaan Murabahah (Studi Kasus Bank Nagari Syariah Cabang Padang)”. Disusun oleh Benny Brillian, NIM. 1513060235, Prodi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang tahun 2020. Penelitian ini dilatar belakangi adanya penilaian dari masyarakat bahwa pembiayaan murabahah yang ada pada bank syariah menawarkan tingkat margin (keuntungan) yang lebih tinggi dibandingkan bank konvensional yang memberikan kredit dengan bunga, dengan munculnya anggapan seperti itu mereka enggan untuk menggunakan jasa bank syariah dan lebih memilih menggunakan jasa bank konvensional. Serta pada bank yang merupakan sebuah perusahaan jasa tentunya kualitas pelayanan menjadi faktor yang penting apakah Bank Nagari Syariah Cabang Padang memberikan pelayanan dengan baik kepada nasabah yang mengambil pembiayaan murabahah atau sebaliknya. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat margin dan kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah yang mengambil pembiayaan pada Bank Nagari Syariah Cabang Padang. Penelitian menggunakan metode kuantitatif yang datanya diolah secara statistik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis linier berganda untuk menganalisis pengaruh tingkat margin dan kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah. Untuk pengumpulan data dan informasi untuk penelitian ini, sumbernya berasal dari data primer dan data sekunter melalui teknik pengumpulan datanya yaitu dengan kuisioner dan dokumentasi yang dilakukan dilokasi penelitian. Didapatkan hasil penelitian yang menunjukkan adanya pengaruh tingkat margin dan kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah dimana dengan nilai t tingkat margin adalah 5,248 > 1,661 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai t kualitas pelayanan didapatkan 3,419 > 1,661 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Hal ini mengindikasikan semakin baik tingkat margin dan kualitas pelayanan maka akan semakin tinggi keputusan nasabah untuk mengambil pembiayaan di Bank Nagari Syariah Cabang Padang. Kata Kunci: Tingkat Margin, Kualitas Pelayanan, Keputusan Nasabah.