Mekanisme Pelayanan Customer Service Pada Bank Nagari Cabang Pembantu Syariah Bukittinggi
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah Bank Syariah yang mempunyai Standar Operasional Prosedur, yang mana customer service harus melayani dan membina hubungan yang baik dengan nasabah. Untuk melaksanakan kinerjanya, customer service harus menyesuaikan dengan Standar Operasional Prosedur yang telah ditetapkan : yaitu citra pelayanan, citra keberhasilan, tips memudahkan pelaksanaan pekerjaan, tips mengahadapi komplain nasabah, etika bertelepon, dan standar penampilan yang dinyatakan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Field Research. Adapun sumber data dan metode pengumpulan data yang dilakukan untuk membahas masalah ini yaitu Wawancara langsung pada Costumer Service Bank, Observasi secara langsung pada kegiatan Customer Service, serta mengambil data Standar Operasional Prosedur pada Bank Nagari Cabang Pembantu Syariah Bukittinggi. Sedangkan teknik analisis data yang penulis gunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian, setelah penulis melakukan observasi dilapangan, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa kinerja customer service pada Bank Nagari Cabang Pembantu Syariah Bukittinggi sudah dilaksanakan, namun belum sepenuhnya memenuhi standar operasional prosedur seperti pada kesiagaan customer service untuk menunggu nasabah yang akan datang di Bank, persiapan meja kerja barangbarang pribadi masih terdapat diatas meja seperti hanphone di meja customer service, serta saat pelayanan customer service kurang senyum seperti yang telah ditetapkan Standar Operasional Prosedur pada Bank Nagari Cabang Pembantu Syariah Bukittinggi.