PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN 11 KAYU KALEK KECAMATAN LENGAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN TAHUN AJARAN 2017/2018
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang berdampak pada rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII MTsN 11 Kayu Kalek Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Ajaran 2017/2018 yang sebagian besar belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 80. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) dalam pembelajaran matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Apakah kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik dengan penerapan starategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik dengan pembelajaran pendekatan sainstifik pada peserta didik kelas VIII MTsN 11 Kayu Kalek Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Ajaran 2017/2018?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik dengan pembelajaran pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah eksperimen-semu (Quasi Experimental Research) dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTsN 11 Kayu Kalek Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Ajaran 2017/2018. Untuk mendapatkan kelas sampel maka terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata untuk semua kelas populasi. Setelah semua kelas diketahui normal, homogen dan memiliki kesamaan rata-rata maka dilakukan pemilihan kelas sampel secara acak. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII 1 dan kelas kontrol adalah kelas VIII 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan rata-rata nilai tes kelas eksperimen 73,6 dan rata-rata nilai tes kelas kontrol 66. Persentase ketuntasan kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas eksperimen adalah 47%, sedangkan pada kelas kontrol 24%. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh t hitung > t (1,7956 .>.1,645) dengan αi=i0,05 pada selang kepercayaan 95%, maka keputusannya adalah H tabel 0 ditolak dan H diterima artinya kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang diajarkan dengan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik dengan pembelajaran pendekatan sainstifik.