ctrlnum 1641
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinib.ac.id/1641/</relation><title>Kerjasama antara Guru Bimbingan dan Konseling dengan Guru Mata Pelajaran dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 1 Sintuk Toboh Gadang Padang Pariaman</title><creator>Zaimahruddin, Zai</creator><subject/><subject>HN Social history and conditions. Social problems. Social reform</subject><description>ABSTRAK&#xD; &#xD; Zaimahruddin NIM. 1314030737 &#x201C;Kerjasama guru Bimbingan dan Konseling dengan guru mata pelajaran dalam mengatasi Kesulitan belajar di SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang Padang Pariaman.&#x201D; (Skripsi: 2018). Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang.&#xD; Permasalahan yang kerap muncul dalam proses belajar mengajar adalah&#xD; masalah kesulitan belajar. Kesulitan belajar tidak hanya bersifat instruksional,&#xD; namun sering juga bersifat non-instruksional, maka penanganannya memerlukan&#xD; kerjasama antara guru mata pelajaran dan guru BK. Adapun fokus masalah dalam penelitian ini adalah kerjasama antara Guru BK dengan Guru mata pelajaran dalam mengatasi Kesulitan belajar peserta didik kelas VIII di SMPN 1 Sintuk Toboh Gadang dan dibatasi pada, tahap pengumpulan data kesulitan belajar peserta didik, tahap membantu kesulitan belajar peserta didik dan tahap evaluasi kesulitan belajar peserta didik kelas VIII SMPN I Sintuk Toboh Gadang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tahap pengumpulan data, tahap membantu dan tahap evaluasi dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di kelas VIII SMPN 1 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman.&#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi&#xD; kasus, yaitu memilih suatu kejadian atau gejala mengenai kerjasama antara guru&#xD; BK dengan guru mata pelajaran dalam membantu mengatasi kesulitan belajar.&#xD; Subyek penelitian yang digunakan adalah guru BK dan Guru Mata Pelajaran di SMPN 1 Sintuk Toboh Gadang. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah tiga subyek, dua diantaranya adalah guru BK dan seorang guru mata pelajaran. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data yaitu menggunakan triangulasi sumber. &#xD; Hasil penelitian ini adalah kerjasama antara guru BK dengan guru mata pelajaran dalam membantu mengatasi kesulitan belajar peserta didik sudah cukup terjalin namun belum secara keseluruhan, kerjasama yang terjalin lebih pada saling memberikan data siswa dari guru BK maupun dari guru mata pelajaran baik berupa data tertulis maupun informasi verbal mengenai nilai, perilaku serta permasalahan lain yang dialami peserta didik. Kerjasama antara guru BK dengan guru mata pelajaran dalam membantu mengatasi kesulitan belajar terjalin bilamana dihadapkan pada permasalahan peserta didik yang tidak dapat diselesaikan oleh guru BK dengan peserta didik saja atau antara guru mata pelajaran dengan peserta didik saja, sehingga perlu melibatkan pihak lain seperti guru mata pelajaran, wali kelas dan orang tua.</description><date>2018-02-09</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uinib.ac.id/1641/1/PDF%20COVER%20GABUNGAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uinib.ac.id/1641/2/9%20BAB%20I%20Zai.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uinib.ac.id/1641/3/10%20BAB%20II%20Zai.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uinib.ac.id/1641/4/11%20BAB%20III%20Baru.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uinib.ac.id/1641/5/12%20BAB%20IV%20ZAITUT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uinib.ac.id/1641/6/13%20BAB%20V%20ZAI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uinib.ac.id/1641/7/14%20DAFTAR%20KEPUSTAKAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uinib.ac.id/1641/8/PDF%20GABUGAN%20ZAI.pdf</identifier><identifier> Zaimahruddin, Zai (2018) Kerjasama antara Guru Bimbingan dan Konseling dengan Guru Mata Pelajaran dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 1 Sintuk Toboh Gadang Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang. </identifier><relation>http://uinib.ac.id</relation><recordID>1641</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Zaimahruddin, Zai
title Kerjasama antara Guru Bimbingan dan Konseling dengan Guru Mata Pelajaran dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 1 Sintuk Toboh Gadang Padang Pariaman
publishDate 2018
topic HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
url http://repository.uinib.ac.id/1641/1/PDF%20COVER%20GABUNGAN.pdf
http://repository.uinib.ac.id/1641/2/9%20BAB%20I%20Zai.pdf
http://repository.uinib.ac.id/1641/3/10%20BAB%20II%20Zai.pdf
http://repository.uinib.ac.id/1641/4/11%20BAB%20III%20Baru.pdf
http://repository.uinib.ac.id/1641/5/12%20BAB%20IV%20ZAITUT.pdf
http://repository.uinib.ac.id/1641/6/13%20BAB%20V%20ZAI.pdf
http://repository.uinib.ac.id/1641/7/14%20DAFTAR%20KEPUSTAKAAN.pdf
http://repository.uinib.ac.id/1641/8/PDF%20GABUGAN%20ZAI.pdf
http://repository.uinib.ac.id/1641/
http://uinib.ac.id
contents ABSTRAK Zaimahruddin NIM. 1314030737 “Kerjasama guru Bimbingan dan Konseling dengan guru mata pelajaran dalam mengatasi Kesulitan belajar di SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang Padang Pariaman.” (Skripsi: 2018). Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Permasalahan yang kerap muncul dalam proses belajar mengajar adalah masalah kesulitan belajar. Kesulitan belajar tidak hanya bersifat instruksional, namun sering juga bersifat non-instruksional, maka penanganannya memerlukan kerjasama antara guru mata pelajaran dan guru BK. Adapun fokus masalah dalam penelitian ini adalah kerjasama antara Guru BK dengan Guru mata pelajaran dalam mengatasi Kesulitan belajar peserta didik kelas VIII di SMPN 1 Sintuk Toboh Gadang dan dibatasi pada, tahap pengumpulan data kesulitan belajar peserta didik, tahap membantu kesulitan belajar peserta didik dan tahap evaluasi kesulitan belajar peserta didik kelas VIII SMPN I Sintuk Toboh Gadang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tahap pengumpulan data, tahap membantu dan tahap evaluasi dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di kelas VIII SMPN 1 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, yaitu memilih suatu kejadian atau gejala mengenai kerjasama antara guru BK dengan guru mata pelajaran dalam membantu mengatasi kesulitan belajar. Subyek penelitian yang digunakan adalah guru BK dan Guru Mata Pelajaran di SMPN 1 Sintuk Toboh Gadang. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah tiga subyek, dua diantaranya adalah guru BK dan seorang guru mata pelajaran. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data yaitu menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah kerjasama antara guru BK dengan guru mata pelajaran dalam membantu mengatasi kesulitan belajar peserta didik sudah cukup terjalin namun belum secara keseluruhan, kerjasama yang terjalin lebih pada saling memberikan data siswa dari guru BK maupun dari guru mata pelajaran baik berupa data tertulis maupun informasi verbal mengenai nilai, perilaku serta permasalahan lain yang dialami peserta didik. Kerjasama antara guru BK dengan guru mata pelajaran dalam membantu mengatasi kesulitan belajar terjalin bilamana dihadapkan pada permasalahan peserta didik yang tidak dapat diselesaikan oleh guru BK dengan peserta didik saja atau antara guru mata pelajaran dengan peserta didik saja, sehingga perlu melibatkan pihak lain seperti guru mata pelajaran, wali kelas dan orang tua.
id IOS4533.1641
institution Universitas Islam Negeri Imam Bonjol
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 1263
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan UIN Imam Bonjol
library_id 1102
collection Repository UIN Imam Bonjol
repository_id 4533
city Padang
province SUMATERA BARAT
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4533
first_indexed 2020-01-16T03:40:12Z
last_indexed 2020-01-16T03:40:12Z
recordtype dc
_version_ 1686137756173991936
score 17.538404