Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Gorontalo

Main Author: NI GUSTI AYU MEIDAWATI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2016
Subjects:
Smp
5
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/411412055/pengaruh-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-thinking-aloud-pair-problem-solving-tapps-terhadap-kemampuan-berpikir-kritis-matematis-siswa-kelas-viii-smp-negeri-5-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • Ni Gusti Ayu Meidawati, 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Gorontalo, Skripsi. Gorontalo, Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (1) Dr. Ali Kaku, M.Pd (II) Dra. Kartin Usman, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) dan siswa yang dibelajarkan dengan model Pembelajaran Langsung pada pelajaran matematika khususnya pada materi Garis Singgung Lingkaran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian posttes only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Gorontalo tahun pelajaran 2015/2016 dan sampel penelitian diambil 2 kelas dengan tehnik simple random sampling. Data yang terkait dianalisis dengan Uji-t dua sample bebas (independent t-test). Dari hasil analisis data diperoleh kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe thinking aloud pair problem solving (TAPPS) lebih tinggi daripada model pembelajaran langsung. Kata kunci: Thinking Aloud Pair Problem Solving, TAPPS, Berpikir Kritis Matematis