MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI KELAS VIII A SMP NEGERI 1 WONOSARI KABUPATEN BOALEMO
Main Author: | YUDIONO KURNIAWAN |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/211408045/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melalui-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-nhtpada-mata-pelajaran-ips-ekonomi-kelas-viii-asmp-negeri-1-wonosarikabupaten-boalemo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Yudiono Kurniawan. 2012. Skripsi. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas VIII A SMP Negreri 1 Wonosari Kabupaten Boalemo. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Raflin Hinelo, S.Pd.,M.Si, dan Pembimbing II Agil Bahsoan, S.ag.,M.Ag Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe NHT hasil belajar siswa akan meningkat ? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi siswa kelas VIII A di SMP Negeri 1Wonosari Kabupaten Boalemo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari langkah-langkah persiapan/perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan/observasi dan evaluasi, serta refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus dengan materi kelangkaan sumber daya ekonomi. Berdasarkan data yang diperoleh dari siswa pada siklus I pada materi kelangkaan sumber daya ekonomi rata-rata kelas 75,47 % dari 17 siswa. Siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas berjumlah 13 siswa atau 76,47 % dan yang memperoleh nilai 70 ke bawah berjumlah 4 orang atau 23,53 % dengan daya serap 75,29 %. Pada pembelajaran siklus II mengalami peningkatan yaitu siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas berjumlah 15 orang atau 88,24 % dan yang memperoleh nilai 70 ke bawah 2 orang atau 11,76 % dengan daya serap 85 %. Berdasarkan penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa maka hipotesis tindakan Jika guru dalam proses belajar mengajar untuk mata pelajaran IPS Ekonomi di kelas VIII A SMP Negeri 1 Wonosari, menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, maka hasil belajar siswa akan meningkat. Dapat diterima. Kata kunci : Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan hasil belajar siswa.