MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI KELAS VIII A SMP NEGERI 1 WONOSARI KABUPATEN BOALEMO
Main Author: | YUDIONO KURNIAWAN |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/211408045/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melalui-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-nhtpada-mata-pelajaran-ips-ekonomi-kelas-viii-asmp-negeri-1-wonosarikabupaten-boalemo.html |
ctrlnum |
ai:ung-211408045-6 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT
PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI KELAS VIII A
SMP NEGERI 1 WONOSARI
KABUPATEN BOALEMO</title><creator>YUDIONO KURNIAWAN</creator><subject>Meningkatkan, Hasil, Belajar, Siswa, Melalui, Model, Pembelajaran, Kooperatif, Tipe, Nht
Pada, Mata, Pelajaran, Ips, Ekonomi, Kelas, Viii, A
Smp, Negeri, 1, Wonosari
Kabupaten, Boalemo</subject><description>ABSTRAK
Yudiono Kurniawan. 2012. Skripsi. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas VIII A SMP Negreri 1 Wonosari Kabupaten Boalemo. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Raflin Hinelo, S.Pd.,M.Si, dan Pembimbing II Agil Bahsoan, S.ag.,M.Ag
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe NHT hasil belajar siswa akan meningkat ? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi siswa kelas VIII A di SMP Negeri 1Wonosari Kabupaten Boalemo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari langkah-langkah persiapan/perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan/observasi dan evaluasi, serta refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus dengan materi kelangkaan sumber daya ekonomi.
Berdasarkan data yang diperoleh dari siswa pada siklus I pada materi kelangkaan sumber daya ekonomi rata-rata kelas 75,47 % dari 17 siswa. Siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas berjumlah 13 siswa atau 76,47 % dan yang memperoleh nilai 70 ke bawah berjumlah 4 orang atau 23,53 % dengan daya serap 75,29 %. Pada pembelajaran siklus II mengalami peningkatan yaitu siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas berjumlah 15 orang atau 88,24 % dan yang memperoleh nilai 70 ke bawah 2 orang atau 11,76 % dengan daya serap 85 %.
Berdasarkan penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa maka hipotesis tindakan Jika guru dalam proses belajar mengajar untuk mata pelajaran IPS Ekonomi di kelas VIII A SMP Negeri 1 Wonosari, menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, maka hasil belajar siswa akan meningkat. Dapat diterima.
Kata kunci : Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan hasil belajar siswa.</description><publisher>Universitas Negeri Gorontalo</publisher><date>2012-09-20</date><type>Thesis:Bachelors</type><identifier>http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/211408045/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melalui-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-nhtpada-mata-pelajaran-ips-ekonomi-kelas-viii-asmp-negeri-1-wonosarikabupaten-boalemo.html</identifier><right/><recordID>ai:ung-211408045-6</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Bachelors Thesis |
author |
YUDIONO KURNIAWAN |
title |
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT
PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI KELAS VIII A
SMP NEGERI 1 WONOSARI
KABUPATEN BOALEMO |
publisher |
Universitas Negeri Gorontalo |
publishDate |
2012 |
topic |
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Pada Mata Pelajaran Ips Ekonomi Kelas Viii A Smp Negeri 1 Wonosari Kabupaten Boalemo |
url |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/211408045/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melalui-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-nhtpada-mata-pelajaran-ips-ekonomi-kelas-viii-asmp-negeri-1-wonosarikabupaten-boalemo.html |
contents |
ABSTRAK
Yudiono Kurniawan. 2012. Skripsi. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas VIII A SMP Negreri 1 Wonosari Kabupaten Boalemo. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Raflin Hinelo, S.Pd.,M.Si, dan Pembimbing II Agil Bahsoan, S.ag.,M.Ag
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe NHT hasil belajar siswa akan meningkat ? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi siswa kelas VIII A di SMP Negeri 1Wonosari Kabupaten Boalemo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari langkah-langkah persiapan/perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan/observasi dan evaluasi, serta refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus dengan materi kelangkaan sumber daya ekonomi.
Berdasarkan data yang diperoleh dari siswa pada siklus I pada materi kelangkaan sumber daya ekonomi rata-rata kelas 75,47 % dari 17 siswa. Siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas berjumlah 13 siswa atau 76,47 % dan yang memperoleh nilai 70 ke bawah berjumlah 4 orang atau 23,53 % dengan daya serap 75,29 %. Pada pembelajaran siklus II mengalami peningkatan yaitu siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas berjumlah 15 orang atau 88,24 % dan yang memperoleh nilai 70 ke bawah 2 orang atau 11,76 % dengan daya serap 85 %.
Berdasarkan penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa maka hipotesis tindakan Jika guru dalam proses belajar mengajar untuk mata pelajaran IPS Ekonomi di kelas VIII A SMP Negeri 1 Wonosari, menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, maka hasil belajar siswa akan meningkat. Dapat diterima.
Kata kunci : Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan hasil belajar siswa. |
id |
IOS4521.ai:ung-211408045-6 |
institution |
Universitas Negeri Gorontalo |
institution_id |
373 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Gorontalo |
library_id |
307 |
collection |
Karya Ilmiah UNG |
repository_id |
4521 |
subject_area |
General Publications/Terbitan Berseri, Berkala Umum Ilmu Komputer dan Teknik Informatika |
city |
GORONTALO |
province |
GORONTALO |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4521 |
first_indexed |
2019-08-01T06:58:13Z |
last_indexed |
2019-08-01T06:58:13Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686137139107987456 |
score |
17.538404 |