MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII 1 SMP Negeri 4 Wonosari Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo)
Main Author: | WAWAN SULISTIONO |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/211408042/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melalui-pembelajaran-kooperatif-tipe-jigsaw-pada-mata-pelajaran-ips-terpadusuatu-penelitian-pada-siswa-kelas-viii-1-smp-negeri-4-wonosarikabupaten-boalemo-provinsi-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Wawan Sulistiono. 2012. Skripsi. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mata Pelajaran IPS Terpadu (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII 1 SMP Negeri 4 Wonosari Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo). Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Irina Popoi, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 4 Wonosari pada mata pelajaran IPS terpadu dapat ditingkatkan melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw? Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPS terpadu di SMP Negeri 4 Wonosari Kabupaten Boalemo; (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII 1 SMP Negeri 4 Wonosari Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Metode ini dimaksudkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 4 Wonosari pada mata pelajaran IPS terpadu. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, maka dapat dikatakan bahwa dari jumlah 26 siswa, yang memperoleh rentang nilai 65 69 berjumlah 10 siswa dengan persentase 38,46 %, yang memperoleh rentang nilai 71 75 berjumlah 9 siswa dengan persentase 34,61 %. Sedangkan yang memperoleh rentang nilai 76 80 berjumlah 7 siswa dengan persentase 26,93 %. Pada siklus II menunjukkan bahwa dari jumlah 26 siswa, yang memperoleh rentang nilai 70 75 berjumlah 7 siswa dengan persentase 26,92 %. Yang memperoleh rentang nilai 76 80 berjumlah 6 siswa dengan persentase 23,08 %. Dari jumlah 15 siswa, yang memperoleh rentang nilai 81 85 berjumlah 6 siswa dengan persentase 23,08 %. Sedangkan yang memperoleh nilai 86-90 berjumlah 7 siswa dengan persentase 26,92 %. Daya serap siswa secara keseluruhan berdasarkan perolehan nilai 65 ke atas sebesar 100 %. Hal ini menunjukan peningkatan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Kata kunci: Hasil belajar siswa dan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.