Pengaruh Pembelajaran Berpusat Masalah (Problem Centered Lerning) terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 1 Tibawa

Main Author: Majid
Format: Penelitian
Terbitan: , 2015
Subjects:
Smp
N
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/riset/show//1570/pengaruh-pembelajaran-berpusat-masalah-problem-centered-lerning-terhadap-kemampuan-koneksi-matematika-siswa-kelas-viii-smp-n-1-tibawa.html
ctrlnum ai:ung-1570-4
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Pengaruh Pembelajaran Berpusat Masalah (Problem Centered Lerning) terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 1 Tibawa</title><creator>Majid</creator><subject>Pengaruh, Pembelajaran, Berpusat, Masalah, (problem, Centered, Lerning), Terhadap, Kemampuan, Koneksi, Matematika, Siswa, Kelas, Viii, Smp, N, 1, Tibawa</subject><description>ABSTRAK Tujuan dari peneliltian ini adalahuntuk mengetahui apakah kemampuan koneksi matematik siswa yang dibelajarkan menggunakan model Pembelajaran Berpusat Masalah (ProblemCentered Learning) lebih tinggi dari pada kemampuan koneksi matematik siswa yang dibelajarkan dengan model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction).Penelitian ini merupakan suatu kajian studi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP N 1 Tibawa yang tersebar di kelas dengan jumlah rata-rata siswa setiap kelas terdiri atas 26-29 orang. Total populasi berjumlah 219 orangPengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dari 8 kelas diambil secara acak 2 kelas, yang akan dijadikan sebagai kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berpusat pada masalah (eksperimen) dan kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung (kontrol). Berdasarkan hasil pengacakan diperoleh kelas VIII-2 diajarkan dengan model pembelajaran berpusat pada masalah (kelas eksperimen) dan kelas VIII-3 diajarkan dengan model pembelajaran langsung (kelas kontrol). Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data kemampuan Koneksi matematika siswa pada materi pelajaran matematika khususnya pada pokok bahasan kubus dan balok. Sumber data tersebut adalah seluruh siswa yang menjadi sampel. Data tersebut diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa tes kemampuan koneksi matematika sesudah pelajaran (post test).tehnik statistik yang digunakan untuk menganalisis data sampel dan hasilnya diberlakukan untuk populasi. Analisis inferensial digunakan untuk menguji hipotesis penelitian yang diajukan oleh peneliti. Dalam menguji hipotesis penelitian ini menggunakan statistik uji t dua sampel bebas (independet test).</description><publisher/><date>2015-05-22</date><type>Other:Penelitian</type><identifier>http://repository.ung.ac.id/riset/show//1570/pengaruh-pembelajaran-berpusat-masalah-problem-centered-lerning-terhadap-kemampuan-koneksi-matematika-siswa-kelas-viii-smp-n-1-tibawa.html</identifier><right/><recordID>ai:ung-1570-4</recordID></dc>
format Other:Penelitian
Other
author Majid
title Pengaruh Pembelajaran Berpusat Masalah (Problem Centered Lerning) terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 1 Tibawa
publishDate 2015
topic Pengaruh
Pembelajaran
Berpusat
Masalah
(problem
Centered
Lerning)
Terhadap
Kemampuan
Koneksi
Matematika
Siswa
Kelas
Viii
Smp
N
1
Tibawa
url http://repository.ung.ac.id/riset/show//1570/pengaruh-pembelajaran-berpusat-masalah-problem-centered-lerning-terhadap-kemampuan-koneksi-matematika-siswa-kelas-viii-smp-n-1-tibawa.html
contents ABSTRAK Tujuan dari peneliltian ini adalahuntuk mengetahui apakah kemampuan koneksi matematik siswa yang dibelajarkan menggunakan model Pembelajaran Berpusat Masalah (ProblemCentered Learning) lebih tinggi dari pada kemampuan koneksi matematik siswa yang dibelajarkan dengan model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction).Penelitian ini merupakan suatu kajian studi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP N 1 Tibawa yang tersebar di kelas dengan jumlah rata-rata siswa setiap kelas terdiri atas 26-29 orang. Total populasi berjumlah 219 orangPengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dari 8 kelas diambil secara acak 2 kelas, yang akan dijadikan sebagai kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berpusat pada masalah (eksperimen) dan kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung (kontrol). Berdasarkan hasil pengacakan diperoleh kelas VIII-2 diajarkan dengan model pembelajaran berpusat pada masalah (kelas eksperimen) dan kelas VIII-3 diajarkan dengan model pembelajaran langsung (kelas kontrol). Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data kemampuan Koneksi matematika siswa pada materi pelajaran matematika khususnya pada pokok bahasan kubus dan balok. Sumber data tersebut adalah seluruh siswa yang menjadi sampel. Data tersebut diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa tes kemampuan koneksi matematika sesudah pelajaran (post test).tehnik statistik yang digunakan untuk menganalisis data sampel dan hasilnya diberlakukan untuk populasi. Analisis inferensial digunakan untuk menguji hipotesis penelitian yang diajukan oleh peneliti. Dalam menguji hipotesis penelitian ini menggunakan statistik uji t dua sampel bebas (independet test).
id IOS4521.ai:ung-1570-4
institution Universitas Negeri Gorontalo
institution_id 373
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Gorontalo
library_id 307
collection Karya Ilmiah UNG
repository_id 4521
subject_area General Publications/Terbitan Berseri, Berkala Umum Ilmu Komputer dan Teknik Informatika
city GORONTALO
province GORONTALO
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4521
first_indexed 2019-08-01T03:24:08Z
last_indexed 2019-08-01T03:24:08Z
recordtype dc
_version_ 1640650579282755584
score 17.538404