PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK PEER GROUP TERHADAP EFIKASI DIRI DAN SELF-REGULATED LEARNING
Main Authors: | br. Tarigan, Rahmawati; Program Studi Magister Psikologi, Program Pascasarjana, Universitas Medan Area, Milfayetty, Sri; Universitas Negeri Medan, Irawani, Nurmaida; Program Studi Magister Psikologi, Program Pascasarjana, Universitas Medan Area |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Medan Area
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ojs.uma.ac.id/index.php/analitika/article/view/819 http://ojs.uma.ac.id/index.php/analitika/article/view/819/787 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik peer group terhadap efikasi diri dan self-regulated learning. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan rancangan penelitian pretest-posttest group design. Sampel penelitian adalah 16 orang mahasiswatingkat II di Akademi Kebidanan (Akbid) Helvetia Medan yang mempunyai tingkat efikasi diri dan self-regulated learningyang tergolong rendah. Untuk memperoleh data mengenai efikasi diri dan self-regulated learning digunakan metode kuesioner. Berdasarkan hasil analisa data dengan menggunakan Uji 2 Sampel Independen Kolmogorov-Smirnov ditemukan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik peer group memberikan pengaruh terhadap peningkatan efikasi diri dan self-regulated learning siswa di Akbid Helvetia Medan.