Pengaruh Penggunaan Modular Instruction dan Concept Attainment terhadap Peningkatan Pengalaman Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Sabilul Ulum Mayong lor Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui penggunaan Modular Instruction, Concept Attainment, dan peningakatan pengalaman belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MTs Sabilul Ulum Mayong lor Mayong Jepara (2) untuk mengetahui pengaruh modular instruction terhadap peningkatan pengalaman belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MTs Sabilul Ulum Mayong lor Mayong Jepara (3) untuk mengetahui pengaruh concept attainment terhadap peningakatan pengalaman belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MTs Sabilul Ulum Mayong lor Mayong Jepara (4) untuk mengetahui pengaruh modular instruction dan concept attainment secara simultan terhadap peningkatan pengalaman belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MTs Sabilul Ulum Mayong lor Mayong Jepara. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan ((field research) yaitu penelitian yang dilakukan dalam situasi alamiah akan tetapi didahului oleh semacam intervensi (campur tangan) dari pihak peneliti. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di MTs Sabilul Ulum Mayong lor Mayong Jepara yakni pada ruang lingkup kelas VII. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari peserta didik kelas VII A & VII B sejumlah 70 peserta didik, kemudian diambil sampel sebesar 58 peserta didik dengan menggunakan teknik simple random sampling. Dalam analisis ini penulis menggunakan analisis statistik yaitu regresi dan korelasi, baik sederhana, ganda, dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :1) Penerapan model pembelajaran modular instruction dalam kategori baik sebesar 68,096, concept attainment dalam kategori cukup sebesar 71,736 dan peningakatan pengalaman belajar peserta didik dalam kategori kurang sebesar 51,54. 2) Terdapat pengaruh yang signifikn antara penerapan modular instruction dengan peningkatan pengalaman belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih, dengan model Ŷ = 41,29+ 0,229 X1, hubungan keduanya positif & cukup signifikan. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan concept attainment dengan peningakatan pengalaman belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih, dengan model model Ŷ = 40,468+ 0,229X2 hubungan keduanya positif dan cukup signifikan. 4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan modular isntruction dan concept attainment secara simultan terhadap peningkatan pengalaman belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih, dengan model Ŷ = 39,855+ 0,122X1 + 0,122X2, dan hubungan modular instruction dan concept attainment secara simultan dengan peningkatan pengalaman belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih adalah positif &cukup signifikan.