EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN DALAM MEMECAHKAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTS N WIROSARI GROBOGAN TAHUN AJARAN 2016/2017 (STUDI EKSPERIMEN)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui pencapaian kemampuan dalam memecahkan masalah peserta didik yang tidak menggunakan model pembelajaran problem based learning di kelas VIII di MTs N Wirosari Grobogan (2) Untuk mengetahui pencapaian kemampuan dalam memecahkan masalah peserta didik yang menggunakan model pembelajaran problem based learning di kelas VIII di MTs N Wirosari Grobogan (3) Untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran problem based learning terhadap peningkatan kemampuan dalam memecahkan masalah peserta didik kelas eksperimen sebelum dan sesudah traetmen pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs N Wirosari Grobogan. Penelitian skripsi ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif eksperimen dengan desain post-test only control design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metodeo observasi, dokumentasi dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs N wirosari Grobogan. Sedangkan sampel diambil dua kelas yaitu kelas VIII B yang terdiri dari 36 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C yang terdiri dari 36 peserta didik sebagai kelas kontrol. Dalam analisis ini penulis menggunakan analisis statistik yaitu mengadakan perhitungan nilai interval tentang kemampuan memecahkan masalah peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs N Wirosari Grobogan. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-test untuk menghitung perbedaan kemampuan memecahkan masalah peserta didik pada mata pelajaran fiqih. Berdasarkan perhitungan t-test dengan taraf signifikan 5% diperoleh thitung= 3,603 sedangkan ttabel= 2,030 karena thitung>ttabel maka kesimpulannya “Terdapat perbedaan signifikan peningkatan kemampuan memecahkan masalah peserta didik antara yang tidak menggunakan (pretes) dan yang menggunakan model pembelajaran problem based laerning (posttes) pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs N Wirosari tahun ajaran 2016/2017.”. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai posttes kelas eksperimen 81,94 dan kelas kontrol 76,88. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning efektif terhadap peningkatan kemampuan dalam memecahkan masalah peserta didik pada mata pelajaran fiqih MTs N Wirosari Kabupaten Grobogan tahun ajaran 2016/2017.