Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di MTs Saroja NU Undaan Kidul Karanganyar Demak yakni pada ruang lingkup kelas VIII. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari semua kelas VIII yang berjumlah 43 peserta didik, kemudian diambil sampel sebesar 40, dengan teknik simple random sampling. Dalam analisis ini penulis menggunakan analisis statistik yaitu mengadakan perhitungan nilai interval tentang pengaruh variasi gaya mengajar guru dan kompetensi pedagogik guru terhadap kemampuan kognitif peserta didik pada mata pelajaran SKI kelas VIII di MTs Saroja NU Undaan Kidul Karanganyar Demak tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini hendak mengkaji : (1) penerapan variasi gaya mengajar guru, kompetensi pedagogik guru dan kemampuan kognitif peserta didik. (2) pengaruh variasi gaya mengajar guru terhadap kemampuan kognitif peserta didik pada mata pelajaran SKI kelas VIII di MTs Saroja NU Undaan Kidul Karanganyar Demak tahun pelajaran 2017/2018 (3) pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap kemampuan kognitif peserta didik pada mata pelajaran SKI kelas VIII di MTs Saroja NU Undaan Kidul Karanganyar Demak tahun pelajaran 2017/2018 (4) pengaruh variasi gaya mengajar guru dan kompetensi pedagogik guru secara simultan terhadap kemampuan kognitif peserta didik pada mata pelajaran SKI kelas VIII di MTs Saroja NU Undaan Kidul Karanganyar Demak tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) variasi gaya mengajar guru, kompetensi pedagogik guru dan kemampuan kognitif peserta didik pada mata pelajaran SKI kelas VIII MTs Saroja NU Undaan Kidul karanganyar Demak secara berurutan dalam kategori cukup (54,3), baik (53,1), baik (80,1). (2) Besarnya pengaruh penerapan variasi gaya mengajar guru terhadap kemampuan kognitif pada mata pelajaran SKI kelas VIII di MTs Saroja NU Undaan Kidul Karanganyar Demak sebesar 0,183 atau 18,3%. (3) pengaruh penerapan kompetensi pedagogik guru terhadap kemampuan kognitif pada mata pelajaran SKI kelas VIII di MTs Saroja NU Undaan Kidul Karanganyar Demak sebesar 0,097 atau 9,7%. (4) pengaruh penerapan variasi gaya mengajar guru dan kompetensi pedagogik guru secara simultan terhadap kemampuan kognitif pada mata pelajaran SKI kelas VIII di MTs Saroja NU Undaan Kidul Karanganyar Demak sebesar 0,192 atau 19,2%.