Implementasi Kurikulum Muatan Lokal Salafiyah Mata Pelajaran Adab Dalam Pembentukkan Akhlakul Karimah Peserta Didik Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus Tahun Ajaran 2017/2018
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kurikulum muatan lokal salafiyah khususnya dalam mata pelajaran Adab sampai pada pengimplementasian terhadap peserta didik dalam membentuk akhlakul karimah serta faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukkan akhlakul karimah peserta didik di kelas V Madrasah Ibtidaiyah NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan beberapa langkah yaitu mereduksi data, kemudian penyajian data dan dilanjut dengan verifikasi atau penarikan kesimpulan dari hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kurikulum muatan lokal salafiyah telah sesuai dengan isi manhaj salafiyah, namun implementasi pelajaran Adab dalam pembentukkan akhlakul karimah kurang terlaksana dengan baik karena berbagai faktor hingga menyebabkan hasil yang kurang maksimal. Faktor pendukung pembelajaran Adab dalam pembentukkan akhlakul karimah yaitu kitab pegangan yang digunakan sebagai sumber pembelajaran searah dengan tujuan dari kurikulum salafiyah, pembentukkan akhlak dapat melestarikan kurikulum muatan lokal salafiyah yang menjadi jati diri dari Miftahul Falah, serta kepercayaan masyarakat terhadap madrasah sebagai wadah pendidikan Islam yang memiliki nilai keIslaman tinggi. Adapun faktor penghambat dalam pembentukkan akhlak yaitu kualifikasi guru salaf yang masih kurang memadai, kurangnya kemampuan dalam penggunaan media pembelajaran, sarana prasarana yang kurang mendukung, hambatan dalam diri peserta didik, kurangnya perhatian orang tua terhadap perkembangan anak dan lingkungan luar madrasah yang kurang mendukung,