ctrlnum 2684
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainkudus.ac.id/2684/</relation><title>Implementasi Kurikulum Muatan Lokal Salafiyah Mata Pelajaran Adab Dalam Pembentukkan Akhlakul Karimah Peserta Didik Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus Tahun Ajaran 2017/2018</title><creator>Maknun, Lu&#x2019;luk Il</creator><subject>Pendidikan Islam</subject><subject>Pendidikan</subject><subject>Kurikulum</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kurikulum muatan lokal salafiyah khususnya dalam mata pelajaran Adab sampai pada pengimplementasian terhadap peserta didik dalam membentuk akhlakul karimah serta faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukkan akhlakul karimah peserta didik di kelas V Madrasah Ibtidaiyah NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan beberapa langkah yaitu mereduksi data, kemudian penyajian data dan dilanjut dengan verifikasi atau penarikan kesimpulan dari hasil penelitian.&#xD; Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kurikulum muatan lokal salafiyah telah sesuai dengan isi manhaj salafiyah, namun implementasi pelajaran Adab dalam pembentukkan akhlakul karimah kurang terlaksana dengan baik karena berbagai faktor hingga menyebabkan hasil yang kurang maksimal. Faktor pendukung pembelajaran Adab dalam pembentukkan akhlakul karimah yaitu kitab pegangan yang digunakan sebagai sumber pembelajaran searah dengan tujuan dari kurikulum salafiyah, pembentukkan akhlak dapat melestarikan kurikulum muatan lokal salafiyah yang menjadi jati diri dari Miftahul Falah, serta kepercayaan masyarakat terhadap madrasah sebagai wadah pendidikan Islam yang memiliki nilai keIslaman tinggi. Adapun faktor penghambat dalam pembentukkan akhlak yaitu kualifikasi guru salaf yang masih kurang memadai, kurangnya kemampuan dalam penggunaan media pembelajaran, sarana prasarana yang kurang mendukung, hambatan dalam diri peserta didik, kurangnya perhatian orang tua terhadap perkembangan anak dan lingkungan luar madrasah yang kurang mendukung,</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainkudus.ac.id/2684/1/01.%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainkudus.ac.id/2684/2/02.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainkudus.ac.id/2684/3/03.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainkudus.ac.id/2684/4/04.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainkudus.ac.id/2684/5/05.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainkudus.ac.id/2684/6/06.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainkudus.ac.id/2684/7/07.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainkudus.ac.id/2684/8/08.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainkudus.ac.id/2684/9/09.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Maknun, Lu&#x2019;luk Il (2018) Implementasi Kurikulum Muatan Lokal Salafiyah Mata Pelajaran Adab Dalam Pembentukkan Akhlakul Karimah Peserta Didik Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS. </identifier><recordID>2684</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Maknun, Lu’luk Il
title Implementasi Kurikulum Muatan Lokal Salafiyah Mata Pelajaran Adab Dalam Pembentukkan Akhlakul Karimah Peserta Didik Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus Tahun Ajaran 2017/2018
publishDate 2018
topic Pendidikan Islam
Pendidikan
Kurikulum
url http://repository.iainkudus.ac.id/2684/1/01.%20COVER.pdf
http://repository.iainkudus.ac.id/2684/2/02.%20ABSTRAK.pdf
http://repository.iainkudus.ac.id/2684/3/03.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.iainkudus.ac.id/2684/4/04.%20BAB%20I.pdf
http://repository.iainkudus.ac.id/2684/5/05.%20BAB%20II.pdf
http://repository.iainkudus.ac.id/2684/6/06.%20BAB%20III.pdf
http://repository.iainkudus.ac.id/2684/7/07.%20BAB%20IV.pdf
http://repository.iainkudus.ac.id/2684/8/08.%20BAB%20V.pdf
http://repository.iainkudus.ac.id/2684/9/09.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainkudus.ac.id/2684/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kurikulum muatan lokal salafiyah khususnya dalam mata pelajaran Adab sampai pada pengimplementasian terhadap peserta didik dalam membentuk akhlakul karimah serta faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukkan akhlakul karimah peserta didik di kelas V Madrasah Ibtidaiyah NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan beberapa langkah yaitu mereduksi data, kemudian penyajian data dan dilanjut dengan verifikasi atau penarikan kesimpulan dari hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kurikulum muatan lokal salafiyah telah sesuai dengan isi manhaj salafiyah, namun implementasi pelajaran Adab dalam pembentukkan akhlakul karimah kurang terlaksana dengan baik karena berbagai faktor hingga menyebabkan hasil yang kurang maksimal. Faktor pendukung pembelajaran Adab dalam pembentukkan akhlakul karimah yaitu kitab pegangan yang digunakan sebagai sumber pembelajaran searah dengan tujuan dari kurikulum salafiyah, pembentukkan akhlak dapat melestarikan kurikulum muatan lokal salafiyah yang menjadi jati diri dari Miftahul Falah, serta kepercayaan masyarakat terhadap madrasah sebagai wadah pendidikan Islam yang memiliki nilai keIslaman tinggi. Adapun faktor penghambat dalam pembentukkan akhlak yaitu kualifikasi guru salaf yang masih kurang memadai, kurangnya kemampuan dalam penggunaan media pembelajaran, sarana prasarana yang kurang mendukung, hambatan dalam diri peserta didik, kurangnya perhatian orang tua terhadap perkembangan anak dan lingkungan luar madrasah yang kurang mendukung,
id IOS4368.2684
institution Institut Agama Islam Negeri Kudus
affiliation onesearch.apptis.or.id
institution_id 156
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Kudus
library_id 355
collection Repository STAIN Kudus
repository_id 4368
subject_area Islam/Agama Islam
Islam dan Ilmu Sosial
Islam dan Ilmu Terapan, Islam dan Teknologi
city KUDUS
province JAWA TENGAH
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4368
first_indexed 2019-07-09T20:34:20Z
last_indexed 2020-05-24T13:29:30Z
recordtype dc
_version_ 1686121753675300864
score 17.538404