PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP KEAKTIFAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII MTS MAFATIHUL HUDA RAU KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Main Author: | Syafiq, Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.stainkudus.ac.id/1591/1/SKRIPSI%20NUR%20SYAFIQ%20109388_opt.pdf http://eprints.stainkudus.ac.id/1591/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Model Cooperative Learning tipe STAD (Student Team Achievement Division) terhadap keaktifan pembelajaran akidah akhlak siswa kelas VIII MTs Mafatihul Huda Rau Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Bagaimana model Cooperative Learning tipe STAD (Student Team Achievement Division) terhadap keaktifan pembelajaran akidah akhlak siswa kelas VIII MTs Mafatihul Huda Rau Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013. (2) Bagaimana keaktifan pembelajaran akidah akhlak siswa kelas VIII MTs Mafatihul Huda Rau Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013. (3) Bagaimana Pengaruh Model Cooperative Learning tipe STAD (Student Team Achievement Division) terhadap keaktifan pembelajaran akidah akhlak siswa kelas VIII MTs Mafatihul Huda Rau Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan mengunakan metode penelitian kuantitatif korelasi yang melibatkan kelas VIII yang berjumlah 44 siswa sebagai subyek penelitian. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan : (1) Angket, untuk memperoleh data jawaban responden; (2) Intervieu, kepada responden dan kepada kepala madrasah; (3) Observasi, untuk mengamati Model Cooperative Learning tipe STAD (Student Team Achievement Division) dan keaktifan pembelajaran akidah akhlak siswa kelas VIII MTs Mafatihul Huda Rau Kedung Jepara; dan (4) Dokumentasi, untuk meliput data- data dokumenter. Data yang terkumpul kemudian di analisis menggunakan analisis regresi linier Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya Pengaruh Model Cooperative Learning tipe STAD (Student Team Achievement Division) Terhadap Keaktivan Pembelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII MTs Mafatihul Huda Rau Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013. Hal ini dibuktikan dari hasil uji ANOVA atau F test dapat dilihat nilai F hitung sebesar 40,988 dengan probabilitas 0.000. karena probabilitas jauh lebih kecil dari 0.05, maka hipotesis yang diajukan oleh penulis teruji kebenarannya yakni “ada pengaruh”