Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Melalui Implementasi CTL (Contextual Teaching and Learning) berbantuan Alat Peraga
Main Author: | Nababan, Siti Aminah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STKIP Bina Bangsa Meulaboh
, 2018
|
Online Access: |
http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/222 http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/222/208 |
Daftar Isi:
- Abstrak : berdasarkan hasil observasi di SMPN 5 Meureubo ternyata prestasi belajar siswa masi kurang. Nilai ulangan siswa yaitu 60, sehingga tidak mencapai KriteriaKetuntasan Minimum (KKM) yang telah ditetapkan disekolah yaitu 72. Salah satu penyebabnya adalah gur lebih banyak menggunakan pembelajaran konvensional dalam proses pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti mengimplementaskan CTL dengan bantuan alat peragasehingga prestasi belajar siswa meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran bangun ruang sisi datar melalui implementasi CTL dengan bantuan alat peraga dan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran bangun ruang sisi datar melalui implementasi CTL berbantu alat peraga pada siswa kelas VIII SMPN 5 Meureubo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 5 Meureubo yang berjumlah 16 siswa. Waktu penelitian pada tanggal 22 Maret sampai 30 Maret 2016. Teknik pengumpulan datanya meliputi: Observasi, Tes dan Angket. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus persentase. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah: lembar tes, lembar observasi guru dan siswa, dan angket. Penelitian dilaksanakan sampai dua siklus. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh persentase hasil belajar siswa pada siklus I yaitu: 68,75% siswa yang tuntas atau telah memahami pembelajaran yang dilakukan dan 31,25% siswa yang belum tuntas dikarenakan belum sepenuhnya mengerti pada pembelajaran yg dilakukan dengan mengunakan alat peraga. Pada siklus II diperoleh peningkatan hasil belajar siswa mencapai 87,5% hampir seluruh sswa dapat memahami pembelajaran yang menggunakan alat peraga dengan mengimplementasikan CTL dan 12,5% siswa yang belum tuntas dikarenakan siswa belum memahami pembelajaran yang telah diberikankata kunci : Aktivitas dan prestasi belajar siswa, Contekstual Teaching and Learning (CTL), bangun ruang sisi datar, matematika.