Pengaruh Penggunaan Model Examples Non Examples Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan ManusiaDi Kelas VIII SMP Negeri 2 Meureubo
Main Author: | Wahyuni, Sri |
---|---|
Format: | Article info Journal |
Terbitan: |
Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
, 2019
|
Online Access: |
http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/273 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model examples non examples terhadap prestasi belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia Siswa Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Meureubo Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Meureubo. Sampel yang diambil sebanyak 40 orang siswa kelas VIII A berjumlah 20 orang siswa (kelas eksperimen) dan kelas VIII B berjumlah 20 orang siswa (kelas kontrol). Pengambilan sampel dalam penelitian adalah secara acak (random sampling). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi (photo). Tes berupa pre-test dan post test sebanyak 20 soal choice. Analisis data dimulai dengan menguji persyaratan analisis seperti uji normalitas, dan homogenitas, kemudian dilanjutkan dengan pengujian uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran examples non examples secarasignifikan lebih berhasil dibandingkan menggunakan pembelajaran konvensional khususnya pada materi sistem pencernaan manusia. Terdapat pengaruh model pembelajaran examples non examples terhadap prestasi belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia di kelas VIII SMP Negeri 2 Meureubo hal ini diketahui dari hasil uji , yaitu thitung sebesar 5,742 dan ttabel 2,127. Dengan demikian 5,507>2,217, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kata kunci : Model examples non examples, prestasi belajar, sistem pencernaan manusia.