Pengaruh Penggunaan Model Examples Non Examples Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan ManusiaDi Kelas VIII SMP Negeri 2 Meureubo

Main Author: Wahyuni, Sri
Format: Article info Journal
Terbitan: Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi , 2019
Online Access: http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/273
ctrlnum article-273
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Pengaruh Penggunaan Model Examples Non Examples Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan ManusiaDi Kelas VIII SMP Negeri 2 Meureubo</title><creator>Wahyuni, Sri</creator><description lang="en-US">Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model examples non examples terhadap prestasi belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia Siswa Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Meureubo Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Meureubo. Sampel yang diambil sebanyak 40 orang siswa kelas VIII A berjumlah 20 orang siswa (kelas eksperimen) dan kelas VIII B berjumlah 20 orang siswa (kelas kontrol). Pengambilan sampel dalam penelitian adalah secara acak&#xA0; (random sampling). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi (photo). Tes berupa pre-test dan post test sebanyak 20 soal choice. Analisis data dimulai dengan menguji persyaratan analisis seperti uji normalitas, dan homogenitas, kemudian dilanjutkan dengan pengujian uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa&#xA0; model pembelajaran examples non examples secarasignifikan lebih berhasil dibandingkan menggunakan pembelajaran konvensional khususnya pada materi sistem pencernaan manusia. Terdapat pengaruh model pembelajaran examples non examples terhadap prestasi belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia di kelas VIII SMP Negeri 2 Meureubo hal ini diketahui dari hasil uji , yaitu thitung sebesar 5,742 dan ttabel 2,127. Dengan demikian 5,507&gt;2,217, maka Ha diterima dan Ho ditolak.&#xA0;Kata kunci : Model examples non examples, prestasi belajar, sistem pencernaan&#xA0;&#xA0; manusia.&#xA0;&#xA0;</description><publisher lang="en-US">Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi</publisher><publisher lang="id-ID">Bionatural : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2019-02-15</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><identifier>http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/273</identifier><source lang="en-US">Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi; Vol 3, No 1 (2016): BIONATURAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi</source><source lang="id-ID">Bionatural : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi; Vol 3, No 1 (2016): BIONATURAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi</source><source>2579-4655</source><source>2355-3790</source><rights lang="en-US">Copyright (c) 2019 Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi</rights><recordID>article-273</recordID></dc>
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
Journal:Journal
author Wahyuni, Sri
title Pengaruh Penggunaan Model Examples Non Examples Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan ManusiaDi Kelas VIII SMP Negeri 2 Meureubo
publisher Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
publishDate 2019
url http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/273
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model examples non examples terhadap prestasi belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia Siswa Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Meureubo Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Meureubo. Sampel yang diambil sebanyak 40 orang siswa kelas VIII A berjumlah 20 orang siswa (kelas eksperimen) dan kelas VIII B berjumlah 20 orang siswa (kelas kontrol). Pengambilan sampel dalam penelitian adalah secara acak (random sampling). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi (photo). Tes berupa pre-test dan post test sebanyak 20 soal choice. Analisis data dimulai dengan menguji persyaratan analisis seperti uji normalitas, dan homogenitas, kemudian dilanjutkan dengan pengujian uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran examples non examples secarasignifikan lebih berhasil dibandingkan menggunakan pembelajaran konvensional khususnya pada materi sistem pencernaan manusia. Terdapat pengaruh model pembelajaran examples non examples terhadap prestasi belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia di kelas VIII SMP Negeri 2 Meureubo hal ini diketahui dari hasil uji , yaitu thitung sebesar 5,742 dan ttabel 2,127. Dengan demikian 5,507>2,217, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kata kunci : Model examples non examples, prestasi belajar, sistem pencernaan manusia.
id IOS4328.article-273
institution STKIP BINA BANGSA MEULABOH
institution_id 1160
institution_type library:university
library
library PERPUSTAKAAN STKIP BINA BANGSA MEULABOH
library_id 1015
collection Bionatural
repository_id 4328
subject_area Education and Related Topics/Pendidikan, Penelitian dan Topik Terkait tentang Perpustakaan
Biology/Biologi, Ilmu Hayat
city MEULABOH
province ACEH
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4328
first_indexed 2019-05-07T07:16:36Z
last_indexed 2019-05-07T07:16:36Z
recordtype dc
_version_ 1686112519174750208
score 17.538404