PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Main Authors: Pratama, Hendrik, Prastyaningrum, Ihtiari
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Surabaya , 2016
Subjects:
Online Access: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpfa/article/view/935
https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpfa/article/view/935/pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Project Based Learning berbantuan media pembelajaran pembangkit listrik mikrohidro terhadap kemampuan berpikir kritis. Penelitian dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro IKIP PGRI Madiun pada mahasiswa Semester II yang mengikuti mata kuliah Fisika Teknik. Desain penelitian menggunakan sistem one group pretest posttest design. Pengumpulan data dilakukan dalam bentuk observasi dan tes pilihan ganda. Instrumen penelitian berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Kerja. Hasil penelitian menunjukkan data bahwa perhitungan N-gain ternormalisasi diperoleh rata-rata kenaikan kemampuan berpikir kritis dari 20 orang peserta didik adalah 0,45 (kategori sedang). Sedangkan hasil analisis data dengan uji t (t-test) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai kemampuan berpikir kritis peserta didik sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran dengan model Project Based Learning. Nilai rerata mean diperoleh rerata nilai postes (81,44) lebih tinggi daripada nilai pretes (61,41). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media pembelajaran pembangkit listrik mikrohidro dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.