PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
Main Authors: | Pratama, Hendrik, Prastyaningrum, Ihtiari |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Surabaya
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpfa/article/view/935 https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpfa/article/view/935/pdf |
ctrlnum |
article-935 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS</title><creator>Pratama, Hendrik</creator><creator>Prastyaningrum, Ihtiari</creator><subject lang="en-US">Pendidikan Fisika; Model Pembelajaran; Media Pembelajaran</subject><subject lang="en-US">Project Based Learning, Media Pembelajaran, Mikrohidro, Kemampuan Berpikir Kritis</subject><description lang="en-US">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Project Based Learning berbantuan media pembelajaran pembangkit listrik mikrohidro terhadap kemampuan berpikir kritis. Penelitian dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro IKIP PGRI Madiun pada mahasiswa Semester II yang mengikuti mata kuliah Fisika Teknik. Desain penelitian menggunakan sistem one group pretest posttest design. Pengumpulan data dilakukan dalam bentuk observasi dan tes pilihan ganda. Instrumen penelitian berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Kerja. Hasil penelitian menunjukkan data bahwa perhitungan N-gain ternormalisasi diperoleh rata-rata kenaikan kemampuan berpikir kritis dari 20 orang peserta didik adalah 0,45 (kategori sedang). Sedangkan hasil analisis data dengan uji t (t-test) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai kemampuan berpikir kritis peserta didik sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran dengan model Project Based Learning. Nilai rerata mean diperoleh rerata nilai postes (81,44) lebih tinggi daripada nilai pretes (61,41). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media pembelajaran pembangkit listrik mikrohidro dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.</description><publisher lang="en-US">Universitas Negeri Surabaya</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2016-12-30</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Other:</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpfa/article/view/935</identifier><identifier>10.26740/jpfa.v6n2.p44-50</identifier><source lang="en-US">Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA); Vol 6, No 2 (2016); 44-50</source><source>2477-1775</source><source>2087-9946</source><source>10.26740/jpfa.v6n2</source><language>eng</language><relation>https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpfa/article/view/935/pdf</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2016 Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA)</rights><rights lang="en-US">http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0</rights><recordID>article-935</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion Other Other: File:application/pdf File Journal:Journal |
author |
Pratama, Hendrik Prastyaningrum, Ihtiari |
title |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS |
publisher |
Universitas Negeri Surabaya |
publishDate |
2016 |
topic |
Pendidikan Fisika Model Pembelajaran Media Pembelajaran Project Based Learning Mikrohidro Kemampuan Berpikir Kritis |
url |
https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpfa/article/view/935 https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpfa/article/view/935/pdf |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Project Based Learning berbantuan media pembelajaran pembangkit listrik mikrohidro terhadap kemampuan berpikir kritis. Penelitian dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro IKIP PGRI Madiun pada mahasiswa Semester II yang mengikuti mata kuliah Fisika Teknik. Desain penelitian menggunakan sistem one group pretest posttest design. Pengumpulan data dilakukan dalam bentuk observasi dan tes pilihan ganda. Instrumen penelitian berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Kerja. Hasil penelitian menunjukkan data bahwa perhitungan N-gain ternormalisasi diperoleh rata-rata kenaikan kemampuan berpikir kritis dari 20 orang peserta didik adalah 0,45 (kategori sedang). Sedangkan hasil analisis data dengan uji t (t-test) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai kemampuan berpikir kritis peserta didik sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran dengan model Project Based Learning. Nilai rerata mean diperoleh rerata nilai postes (81,44) lebih tinggi daripada nilai pretes (61,41). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media pembelajaran pembangkit listrik mikrohidro dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. |
id |
IOS4228.article-935 |
institution |
Universitas Negeri Surabaya |
institution_id |
57 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Surabaya |
library_id |
568 |
collection |
Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA) |
repository_id |
4228 |
subject_area |
Physics/Fisika Education of Psychology/Pendidikan Psikologi Earth Sciences/Ilmu tentang Bumi Instrumentation of Physics/Instrumentasi Fisika |
city |
KOTA SURABAYA |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4228 |
first_indexed |
2017-10-20T01:54:35Z |
last_indexed |
2018-07-10T05:08:45Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686099670265233408 |
score |
17.538404 |