PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Main Authors: Pratama, Hendrik, Prastyaningrum, Ihtiari
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Surabaya , 2016
Subjects:
Online Access: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpfa/article/view/935
https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpfa/article/view/935/pdf
ctrlnum article-935
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS</title><creator>Pratama, Hendrik</creator><creator>Prastyaningrum, Ihtiari</creator><subject lang="en-US">Pendidikan Fisika; Model Pembelajaran; Media Pembelajaran</subject><subject lang="en-US">Project Based Learning, Media Pembelajaran, Mikrohidro, Kemampuan Berpikir Kritis</subject><description lang="en-US">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Project Based Learning berbantuan media pembelajaran pembangkit listrik mikrohidro terhadap kemampuan berpikir kritis. Penelitian dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro IKIP PGRI Madiun pada mahasiswa Semester II yang mengikuti mata kuliah Fisika Teknik. Desain penelitian menggunakan sistem one group pretest posttest design. Pengumpulan data dilakukan dalam bentuk observasi dan tes pilihan ganda. Instrumen penelitian berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Kerja. Hasil penelitian menunjukkan data bahwa perhitungan N-gain ternormalisasi diperoleh rata-rata kenaikan kemampuan berpikir kritis dari 20 orang peserta didik adalah 0,45 (kategori sedang). Sedangkan hasil analisis data dengan uji t (t-test) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai kemampuan berpikir kritis peserta didik sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran dengan model Project Based Learning. Nilai rerata mean diperoleh rerata nilai postes (81,44) lebih tinggi daripada nilai pretes (61,41). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media pembelajaran pembangkit listrik mikrohidro dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.</description><publisher lang="en-US">Universitas Negeri Surabaya</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2016-12-30</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Other:</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpfa/article/view/935</identifier><identifier>10.26740/jpfa.v6n2.p44-50</identifier><source lang="en-US">Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA); Vol 6, No 2 (2016); 44-50</source><source>2477-1775</source><source>2087-9946</source><source>10.26740/jpfa.v6n2</source><language>eng</language><relation>https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpfa/article/view/935/pdf</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2016 Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA)</rights><rights lang="en-US">http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0</rights><recordID>article-935</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
Other:
File:application/pdf
File
Journal:Journal
author Pratama, Hendrik
Prastyaningrum, Ihtiari
title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
publisher Universitas Negeri Surabaya
publishDate 2016
topic Pendidikan Fisika
Model Pembelajaran
Media Pembelajaran
Project Based Learning
Mikrohidro
Kemampuan Berpikir Kritis
url https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpfa/article/view/935
https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpfa/article/view/935/pdf
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Project Based Learning berbantuan media pembelajaran pembangkit listrik mikrohidro terhadap kemampuan berpikir kritis. Penelitian dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro IKIP PGRI Madiun pada mahasiswa Semester II yang mengikuti mata kuliah Fisika Teknik. Desain penelitian menggunakan sistem one group pretest posttest design. Pengumpulan data dilakukan dalam bentuk observasi dan tes pilihan ganda. Instrumen penelitian berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Kerja. Hasil penelitian menunjukkan data bahwa perhitungan N-gain ternormalisasi diperoleh rata-rata kenaikan kemampuan berpikir kritis dari 20 orang peserta didik adalah 0,45 (kategori sedang). Sedangkan hasil analisis data dengan uji t (t-test) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai kemampuan berpikir kritis peserta didik sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran dengan model Project Based Learning. Nilai rerata mean diperoleh rerata nilai postes (81,44) lebih tinggi daripada nilai pretes (61,41). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media pembelajaran pembangkit listrik mikrohidro dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.
id IOS4228.article-935
institution Universitas Negeri Surabaya
institution_id 57
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Surabaya
library_id 568
collection Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA)
repository_id 4228
subject_area Physics/Fisika
Education of Psychology/Pendidikan Psikologi
Earth Sciences/Ilmu tentang Bumi
Instrumentation of Physics/Instrumentasi Fisika
city KOTA SURABAYA
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4228
first_indexed 2017-10-20T01:54:35Z
last_indexed 2018-07-10T05:08:45Z
recordtype dc
_version_ 1686099670265233408
score 17.538404