PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) TERHADAP KESADARAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMP NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN
Main Author: | RODHIATUN MASLAHA, 1513024042 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KIP
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/63706/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/63706/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/63706/3/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/63706/ |
Daftar Isi:
- Kesadaran metakognisi penting dikembangkan untuk mencapai hasil belajar kognitif yang maksimal. Pengembangan kesadaran metakognisi dapat dilakukan melalui model pembelajaran. Oleh karena itu, guru perlu memperhatikan model pembelajaran yang tepat dalam meningkatkan kesadaran metakognisi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) terhadap kesadaran metakognisi dan hasil belajar kognitif siswa SMP Negeri 13 Bandar Lampung pada materi pokok sistem pencernaan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Bandar Lampung dengan jumlah 307 siswa yang terbagi ke dalam 10 kelas. Sampel penelitian sebanyak 64 siswa dari 2 kelas yaitu kelas VIII. 1 dan VIII. 6 yang dipilih dari populasi dengan teknik cluster random sampling. Siswa kelas VIII 1 sebagai kelompok eksperimen yang menggunakan model Argument-Driven Inquiry (ADI) dan siswa kelas VIII 6 sebagai kelompok kontrol yang menggunakan model inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Non Equivalent Control Group. Data dalam penelitian ini adalah data kesadaran metakognisi dan data hasil belajar kognitif. Data kesadaran metakognisi diperoleh dari angket kesadaran metakognisi yang di adaptasi dari MAI (Schraw dan Denisson, 1994: 472-474) dan SEMLI-S (Thomas, 2008: 1715) dan data hasil belajar kognitif diperoleh dari pretest dan posttest. Kedua data dianalisis dengan Ancova dan uji Beda Nyata Terkecil (BNT) pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran ADI terhadap kesadaran metakognisi dan hasil belajar kognitif siswa dengan angka signifikansi yang sama yaitu 0,000. Kesadaran metakognisi siswa yang belajar yang dengan model ADI lebih tinggi dibandingkan model inkuiri terbimbing dengan perbedaan rerata nilai yaitu 9,84 %. Hasil belajar kognitif siswa yang belajar yang dengan model ADI juga lebih tinggi dibandingkan model inkuiri terbimbing dengan perbedaan rerata nilai yaitu 7,18 %. Kata kunci: Argument-Driven Inquiry (ADI), kesadaran metakognisi, hasil belajar kognitif