PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) BERBASIS COMPUTER BASE TEST (CBT) PADA MATERI FLUIDA DINAMIS

Main Author: Yuni Evi Meliani Sihaloho , 1723022006
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/63363/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63363/2/2.%20TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63363/3/3.%20TESIS%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63363/
ctrlnum 63363
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) BERBASIS COMPUTER BASE TEST (CBT) &#xD; PADA MATERI FLUIDA DINAMIS&#xD; </title><creator>Yuni Evi Meliani Sihaloho , 1723022006</creator><subject>370 Pendidikan </subject><subject>530 Fisika</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan instrumen asesmen HOTS berbasis CBT pada materi fluida dinamis yang dilengkapi dengan ilustrasi berupa video, gambar, dan wacana yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Instrumen asesmen juga dikembangkan menjadi tiga tipe soal yaitu multiple respon, multiple choice, dan matching. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R&amp;D (Research and Development) model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada tahap analisis kebutuhan diperoleh informasi bahwa masih banyak guru yang menggunakan atau mengembangkan soal HOTS yang kurang menstimulus kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Kemudian, pada tahap desain dihasilkan matrik yang berisi kisi-kisi yang berkaitan dengan pengetahuan, kemampuan berpikir, dan IPK yang ingin dicapai. Selanjutnya, pada tahap pengembangan diperoleh instrumen asesmen HOTS pada materi fluida dinamis. Instrumen tersebut diuji validasi oleh ahli yaitu tiga dosen dan dua guru fisika. Pengumpulan data dari ahli dan guru diperoleh dari pengisian kuisioner sekala likert dengan rentang nilai 1-5 (sangat tidak setuju-sangat setuju). Selanjutnya, produk yang mendapat rekomendasi layak guna diimplemantasikasi pada uji lapangan. Uji lapangan dilakukan di SMA Kristen 1 Metro pada dua kelas XI yang berjumlah 60 siswa, yang kemudian dibagi menjadi 3 kelompok tes yaitu kelompok tes multiple respon, multiple choice, dan matching dengan distribusi tiap kelompok terdiri atas siswa pintar, cukup pintar, dan kurang pintar. Data lapangan diperoleh dari hasil tes terhadap produk yang dikembangkan serta pengisian kuesioner skala likert dengan skala 1-5 (sangat tidak baik-sangat baik). Data hasil uji validasi dan kepraktisan dianalisis dengan menghitung frekuensi setiap skala untuk setiap item kuesioner kemudian dikonversi menjadi persentase dan hasil tes dari ketiga kelompok dianalisis menggunakan One Way Anova. Rata-rata hasil uji validasi konstruksi tipe soal multiple respon, multiple choice, dan matching berturut-turut 83%, 83%, dan 78 %, dan rata-rata hasil validasi materi tipe soal multiple respon, multiple choice, dan matching berturut-turut 84%, 84 %, dan 82%.&#xD; Rata-rata hasil uji kepraktisan produk sebesar 83% dan diperoleh rata-rata hasil tes multiple respon, multiple choice, dan matching berturut-turut yaitu 57.50, 72.00, dan 70,75. Berdasarkan hasil uji validasi, uji kepraktisan, dan tes dapat disimpulkan instrumen asesmen HOTS berbasis CBT pada materi fluida dinamis valid, praktis, dan efektif. &#xD; &#xD; &#xD; Kata kunci: Asesmen, HOTS, Computer Base Test, Fluida Dinamis&#xD; </description><date>2020-07-06</date><type>Thesis:Masters</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/63363/1/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/63363/2/2.%20TESIS%20FULL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/63363/3/3.%20TESIS%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf</identifier><identifier> Yuni Evi Meliani Sihaloho , 1723022006 (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) BERBASIS COMPUTER BASE TEST (CBT) PADA MATERI FLUIDA DINAMIS. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/63363/</relation><recordID>63363</recordID></dc>
format Thesis:Masters
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Report:Report
Report
author Yuni Evi Meliani Sihaloho , 1723022006
title PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) BERBASIS COMPUTER BASE TEST (CBT) PADA MATERI FLUIDA DINAMIS
publishDate 2020
isbn 9781723022005
topic 370 Pendidikan
530 Fisika
url http://digilib.unila.ac.id/63363/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63363/2/2.%20TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63363/3/3.%20TESIS%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63363/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan instrumen asesmen HOTS berbasis CBT pada materi fluida dinamis yang dilengkapi dengan ilustrasi berupa video, gambar, dan wacana yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Instrumen asesmen juga dikembangkan menjadi tiga tipe soal yaitu multiple respon, multiple choice, dan matching. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R&D (Research and Development) model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada tahap analisis kebutuhan diperoleh informasi bahwa masih banyak guru yang menggunakan atau mengembangkan soal HOTS yang kurang menstimulus kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Kemudian, pada tahap desain dihasilkan matrik yang berisi kisi-kisi yang berkaitan dengan pengetahuan, kemampuan berpikir, dan IPK yang ingin dicapai. Selanjutnya, pada tahap pengembangan diperoleh instrumen asesmen HOTS pada materi fluida dinamis. Instrumen tersebut diuji validasi oleh ahli yaitu tiga dosen dan dua guru fisika. Pengumpulan data dari ahli dan guru diperoleh dari pengisian kuisioner sekala likert dengan rentang nilai 1-5 (sangat tidak setuju-sangat setuju). Selanjutnya, produk yang mendapat rekomendasi layak guna diimplemantasikasi pada uji lapangan. Uji lapangan dilakukan di SMA Kristen 1 Metro pada dua kelas XI yang berjumlah 60 siswa, yang kemudian dibagi menjadi 3 kelompok tes yaitu kelompok tes multiple respon, multiple choice, dan matching dengan distribusi tiap kelompok terdiri atas siswa pintar, cukup pintar, dan kurang pintar. Data lapangan diperoleh dari hasil tes terhadap produk yang dikembangkan serta pengisian kuesioner skala likert dengan skala 1-5 (sangat tidak baik-sangat baik). Data hasil uji validasi dan kepraktisan dianalisis dengan menghitung frekuensi setiap skala untuk setiap item kuesioner kemudian dikonversi menjadi persentase dan hasil tes dari ketiga kelompok dianalisis menggunakan One Way Anova. Rata-rata hasil uji validasi konstruksi tipe soal multiple respon, multiple choice, dan matching berturut-turut 83%, 83%, dan 78 %, dan rata-rata hasil validasi materi tipe soal multiple respon, multiple choice, dan matching berturut-turut 84%, 84 %, dan 82%. Rata-rata hasil uji kepraktisan produk sebesar 83% dan diperoleh rata-rata hasil tes multiple respon, multiple choice, dan matching berturut-turut yaitu 57.50, 72.00, dan 70,75. Berdasarkan hasil uji validasi, uji kepraktisan, dan tes dapat disimpulkan instrumen asesmen HOTS berbasis CBT pada materi fluida dinamis valid, praktis, dan efektif. Kata kunci: Asesmen, HOTS, Computer Base Test, Fluida Dinamis
id IOS4198.63363
institution Universitas Lampung
institution_id 43
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Lampung
library_id 537
collection Digital Repository Unila
repository_id 4198
subject_area Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial
Agriculture/Industri Pertanian
Econmics/Ilmu Ekonomi
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4198
first_indexed 2020-08-03T02:32:34Z
last_indexed 2020-08-24T20:42:47Z
recordtype dc
_version_ 1686097062033096704
score 17.538404