PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) BERBASIS COMPUTER BASE TEST (CBT) PADA MATERI FLUIDA DINAMIS
Main Author: | Yuni Evi Meliani Sihaloho , 1723022006 |
---|---|
Format: | Masters NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/63363/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/63363/2/2.%20TESIS%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/63363/3/3.%20TESIS%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/63363/ |
ctrlnum |
63363 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) BERBASIS COMPUTER BASE TEST (CBT) 
PADA MATERI FLUIDA DINAMIS
</title><creator>Yuni Evi Meliani Sihaloho , 1723022006</creator><subject>370 Pendidikan </subject><subject>530 Fisika</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan instrumen asesmen HOTS berbasis CBT pada materi fluida dinamis yang dilengkapi dengan ilustrasi berupa video, gambar, dan wacana yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Instrumen asesmen juga dikembangkan menjadi tiga tipe soal yaitu multiple respon, multiple choice, dan matching. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R&D (Research and Development) model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada tahap analisis kebutuhan diperoleh informasi bahwa masih banyak guru yang menggunakan atau mengembangkan soal HOTS yang kurang menstimulus kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Kemudian, pada tahap desain dihasilkan matrik yang berisi kisi-kisi yang berkaitan dengan pengetahuan, kemampuan berpikir, dan IPK yang ingin dicapai. Selanjutnya, pada tahap pengembangan diperoleh instrumen asesmen HOTS pada materi fluida dinamis. Instrumen tersebut diuji validasi oleh ahli yaitu tiga dosen dan dua guru fisika. Pengumpulan data dari ahli dan guru diperoleh dari pengisian kuisioner sekala likert dengan rentang nilai 1-5 (sangat tidak setuju-sangat setuju). Selanjutnya, produk yang mendapat rekomendasi layak guna diimplemantasikasi pada uji lapangan. Uji lapangan dilakukan di SMA Kristen 1 Metro pada dua kelas XI yang berjumlah 60 siswa, yang kemudian dibagi menjadi 3 kelompok tes yaitu kelompok tes multiple respon, multiple choice, dan matching dengan distribusi tiap kelompok terdiri atas siswa pintar, cukup pintar, dan kurang pintar. Data lapangan diperoleh dari hasil tes terhadap produk yang dikembangkan serta pengisian kuesioner skala likert dengan skala 1-5 (sangat tidak baik-sangat baik). Data hasil uji validasi dan kepraktisan dianalisis dengan menghitung frekuensi setiap skala untuk setiap item kuesioner kemudian dikonversi menjadi persentase dan hasil tes dari ketiga kelompok dianalisis menggunakan One Way Anova. Rata-rata hasil uji validasi konstruksi tipe soal multiple respon, multiple choice, dan matching berturut-turut 83%, 83%, dan 78 %, dan rata-rata hasil validasi materi tipe soal multiple respon, multiple choice, dan matching berturut-turut 84%, 84 %, dan 82%.
Rata-rata hasil uji kepraktisan produk sebesar 83% dan diperoleh rata-rata hasil tes multiple respon, multiple choice, dan matching berturut-turut yaitu 57.50, 72.00, dan 70,75. Berdasarkan hasil uji validasi, uji kepraktisan, dan tes dapat disimpulkan instrumen asesmen HOTS berbasis CBT pada materi fluida dinamis valid, praktis, dan efektif. 


Kata kunci: Asesmen, HOTS, Computer Base Test, Fluida Dinamis
</description><date>2020-07-06</date><type>Thesis:Masters</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/63363/1/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/63363/2/2.%20TESIS%20FULL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/63363/3/3.%20TESIS%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf</identifier><identifier> Yuni Evi Meliani Sihaloho , 1723022006 (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) BERBASIS COMPUTER BASE TEST (CBT) PADA MATERI FLUIDA DINAMIS. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/63363/</relation><recordID>63363</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Masters Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Report:Report Report |
author |
Yuni Evi Meliani Sihaloho , 1723022006 |
title |
PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) BERBASIS COMPUTER BASE TEST (CBT)
PADA MATERI FLUIDA DINAMIS |
publishDate |
2020 |
isbn |
9781723022005 |
topic |
370 Pendidikan 530 Fisika |
url |
http://digilib.unila.ac.id/63363/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/63363/2/2.%20TESIS%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/63363/3/3.%20TESIS%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/63363/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan instrumen asesmen HOTS berbasis CBT pada materi fluida dinamis yang dilengkapi dengan ilustrasi berupa video, gambar, dan wacana yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Instrumen asesmen juga dikembangkan menjadi tiga tipe soal yaitu multiple respon, multiple choice, dan matching. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R&D (Research and Development) model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada tahap analisis kebutuhan diperoleh informasi bahwa masih banyak guru yang menggunakan atau mengembangkan soal HOTS yang kurang menstimulus kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Kemudian, pada tahap desain dihasilkan matrik yang berisi kisi-kisi yang berkaitan dengan pengetahuan, kemampuan berpikir, dan IPK yang ingin dicapai. Selanjutnya, pada tahap pengembangan diperoleh instrumen asesmen HOTS pada materi fluida dinamis. Instrumen tersebut diuji validasi oleh ahli yaitu tiga dosen dan dua guru fisika. Pengumpulan data dari ahli dan guru diperoleh dari pengisian kuisioner sekala likert dengan rentang nilai 1-5 (sangat tidak setuju-sangat setuju). Selanjutnya, produk yang mendapat rekomendasi layak guna diimplemantasikasi pada uji lapangan. Uji lapangan dilakukan di SMA Kristen 1 Metro pada dua kelas XI yang berjumlah 60 siswa, yang kemudian dibagi menjadi 3 kelompok tes yaitu kelompok tes multiple respon, multiple choice, dan matching dengan distribusi tiap kelompok terdiri atas siswa pintar, cukup pintar, dan kurang pintar. Data lapangan diperoleh dari hasil tes terhadap produk yang dikembangkan serta pengisian kuesioner skala likert dengan skala 1-5 (sangat tidak baik-sangat baik). Data hasil uji validasi dan kepraktisan dianalisis dengan menghitung frekuensi setiap skala untuk setiap item kuesioner kemudian dikonversi menjadi persentase dan hasil tes dari ketiga kelompok dianalisis menggunakan One Way Anova. Rata-rata hasil uji validasi konstruksi tipe soal multiple respon, multiple choice, dan matching berturut-turut 83%, 83%, dan 78 %, dan rata-rata hasil validasi materi tipe soal multiple respon, multiple choice, dan matching berturut-turut 84%, 84 %, dan 82%.
Rata-rata hasil uji kepraktisan produk sebesar 83% dan diperoleh rata-rata hasil tes multiple respon, multiple choice, dan matching berturut-turut yaitu 57.50, 72.00, dan 70,75. Berdasarkan hasil uji validasi, uji kepraktisan, dan tes dapat disimpulkan instrumen asesmen HOTS berbasis CBT pada materi fluida dinamis valid, praktis, dan efektif.
Kata kunci: Asesmen, HOTS, Computer Base Test, Fluida Dinamis
|
id |
IOS4198.63363 |
institution |
Universitas Lampung |
institution_id |
43 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Lampung |
library_id |
537 |
collection |
Digital Repository Unila |
repository_id |
4198 |
subject_area |
Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial Agriculture/Industri Pertanian Econmics/Ilmu Ekonomi |
city |
KOTA BANDAR LAMPUNG |
province |
LAMPUNG |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4198 |
first_indexed |
2020-08-03T02:32:34Z |
last_indexed |
2020-08-24T20:42:47Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686097062033096704 |
score |
17.538404 |