PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN SISWA DI MTS MATHLA’UL ANWAR SERIBU PESAWARAN

Main Author: DEWANTI NURUL AZIZAH , 1613031034
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/62891/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62891/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62891/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62891/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas pelayanan (tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy) terhadap kepuasan siswa. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa MTs Mathla’ul Anwar Pesawaran kelas VII-IX tahun 2019-2020. Pada penelitian ini digunakan populasi berjumlah 90 orang. Penentu sampel dilakukan dengan menggunakan cara probability sampling dengan menggunakan Metode simple random sampling. Maka di peroleh jumlah sampel dalam penelitian inisebesar 73 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner. Teknik analisis menggunakan Pengujian Hipotesis secara Parsial uji t dan secara Simultan uji F. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada dimensi kualitas pelayanan tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan empathy terhadap kepuasan siswa MTs Mathla’ul Anwar Pesawaran sebesar 62%. Kata Kunci : Dimensi Kualitas Pelayanan, Kepuasan Siswa, MTs Mathla’ul Anwar Seribu Pesawaran. This study aims to determine the effect of service quality dimensions (tangibles, reliability, responsiveness, assurance and empathy) towords student satisfaction. The population of this study were 90 people with 73 people of determinant sample. Determinant of the sample is done by using probability sampling using with simple random sampling method. Then the amount obtained in the study is 73 people. Data collection was done by using questionnaires. The analysis technique uses Hypothesis Testing Partially t test and Simultaneous F test. The research was descriptive verification methode with ex post facto approach and survey. The results showed that significant influence on the dimensions of tangibles, service quality, reliability, responsiveness, assurance and empathy of MTs Mathla’ul Anwar Pesawaran was 62% used in student satisfaction. Keywords : Service Quality Dimensions, Student Satisfaction, MTs Mathla’ul Anwar Seribu Pesawaran.