PENGARUH MODEL PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) DENGAN MEDIA GRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 6 PESERTA DIDIK KELAS V SDN 5 METRO TIMUR
Main Author: | RATNAWATI, 1613053005 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/62856/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/62856/2/SKRPISI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/62856/3/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/62856/ |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V SDN 5 Metro Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model pembelajaran process oriented guided inquiry learning dengan media grafis terhadap hasil belajar tema 6 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Non- Equivalent Grup Design. Populasi dan sampel penelitian berjumlah 58 orang peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh dengan jumlah 58 orang peserta didik. Teknik analisis data menunjukan terdapat pengaruh dan perbedaan yang positif dan signifikan pada penerapan model process oriented guided inquiry learning dengan media grafis terhadap hasil belajar tema 6 peserta didik kelas V SDN 5 Metro Timur. Kata kunci: hasil belajar, proceess oriented guided inquiry learning. The problem in this study is the low learning outcomes of students in class V SDN 5 Metro Timur. The purpose of this study was to determine the positive and significant influence on the application of the process oriented guided inquiry learning model with graphic media on the learning outcomes of the 6 students' themes. This type of research is an experimental research design with Non-Equivalent Group Design. The population and research sample were 58 students. This study uses a saturated sample technique with a total of 58 students. Data analysis techniques showed that there were positive and significant influences and differences in the application of the process oriented guided inquiry learning model with graphic media on the learning outcomes of the theme of 6 students in class V SDN 5 Metro Timur. Keywords: learning outcomes, proceess oriented guided inquiry learning.