PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY DAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 6 METRO BARAT

Main Author: USWATUN HASANAH, 1643053008
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/62298/1/ABSTRAK%20USWATUN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62298/2/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62298/3/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62298/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SD Negeri 6 Metro Barat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe course review horay dan media flashcard terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 46 peserta didik. Sampel penelitian menggunakan sampel jenuh yaitu dengan jumlah 46 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik nontes dan teknik tes. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus regresi ganda diperoleh data Fhitung > Ftabel (3,54 > 3,49) berarti Ha diterima dan terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik sebesar 0,55 dengan kriteria “Sedang”. Kata kunci: course review horay, flashcard, matematika. ABSTRACT The problem in this reasech is the low mathematics learning outcomes of students in grade IV SD Negeri 6 Metro Barat. This study aims to analyze and determine the significant influence on cooperative learning models of course type review horay and flashcard media on mathematics learning outcomes. This type of research is an experimental study with a non equivalent control group design. The population in this study amounted to 46 students. The research sample uses a saturated sample of 46 students. Data collection techniques are done by nontest techniques and test techniques. The results of testing the hypothesis using the multiple regression formula obtained data Fcount> F table (3.54> 3.49) means Ha is accepted and there is an increase in student learning outcomes by 0,55 with the criteria of “Medium”. Keywords: course review horay, flashcard, mathematics.