PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK

Main Author: ALMAIDAH BALQIST , 1413024003
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/55854/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55854/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55854/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55854/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak penggunaan modelDiscovery Learning dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi peserta didik SMP kelas VII.Penelitian ini menggunakannonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi dari penelitianini adalah seluruh peserta didikkelas VII dengan sampelyang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIG dan VIIHyang dipilih dengan teknik purposive samplingberdasarkan pertimbangan nilai peserta didik. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data keterampilan kolaborasi diperoleh melalui observasi keterampilan kolaborasisedangkan data keterampilan berpikir tingkat tinggidiperoleh dari skor pretest dan posttest.Data keterampilan kolaborasi dianalisis secara deskriptif danketerampilan berpikir tingkat tinggidianalisis dengan uji Independent Sample t-Testpada taraf kepercayaan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata keterampilan kolaborasi kelas ekperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, dan indikator paling tinggi pada keterampilan kolaborasi adalah kemampuan kerjasama dengan kriteria sangat baik.Keterampilan berpikir tingkat tinggi kelas ekperimen juga lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan rata-rata N-gain pada kelas eksperimen sebesar (0,343±0,138)sedangkan pada kelas kontrol sebesar (0,200±0,117) kedua kelas tersebut menunjukan adanya perbedaan yang signifikan. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Discovery Learningdapat meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi peserta didiksecara signifikan. Kata kunci : discovery Learning, keterampilan berpikir tingkat tinggi, keterampilan kolaborasi,