PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK
Main Author: | ALMAIDAH BALQIST , 1413024003 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/55854/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/55854/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/55854/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/55854/ |
ctrlnum |
55854 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN 
BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK
</title><creator>ALMAIDAH BALQIST , 1413024003</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>QH301 Biology</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak penggunaan modelDiscovery Learning dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi peserta didik SMP kelas VII.Penelitian ini menggunakannonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi dari penelitianini adalah seluruh peserta didikkelas VII dengan sampelyang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIG dan VIIHyang dipilih dengan teknik purposive samplingberdasarkan pertimbangan nilai peserta didik. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data keterampilan kolaborasi diperoleh melalui observasi keterampilan kolaborasisedangkan data keterampilan berpikir tingkat tinggidiperoleh dari skor pretest dan posttest.Data keterampilan kolaborasi dianalisis secara deskriptif danketerampilan berpikir tingkat tinggidianalisis dengan uji Independent Sample t-Testpada taraf kepercayaan 5%. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata keterampilan kolaborasi kelas ekperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, dan indikator paling tinggi pada keterampilan kolaborasi adalah kemampuan kerjasama dengan kriteria sangat baik.Keterampilan berpikir tingkat tinggi kelas ekperimen juga lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan rata-rata N-gain pada kelas eksperimen sebesar (0,343±0,138)sedangkan pada kelas kontrol sebesar (0,200±0,117) kedua kelas tersebut menunjukan adanya perbedaan yang signifikan. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Discovery Learningdapat meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi peserta didiksecara signifikan.

Kata kunci : discovery Learning, keterampilan berpikir tingkat tinggi, keterampilan kolaborasi,</description><publisher>FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN</publisher><date>2019-02-12</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/55854/1/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/55854/2/SKRIPSI%20FULL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/55854/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf</identifier><identifier> ALMAIDAH BALQIST , 1413024003 (2019) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/55854/</relation><recordID>55854</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Report:Report Report |
author |
ALMAIDAH BALQIST , 1413024003 |
title |
PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN
BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK |
publisher |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN |
publishDate |
2019 |
isbn |
9781413024005 |
topic |
LB Theory and practice of education QH301 Biology |
url |
http://digilib.unila.ac.id/55854/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/55854/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/55854/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/55854/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak penggunaan modelDiscovery Learning dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi peserta didik SMP kelas VII.Penelitian ini menggunakannonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi dari penelitianini adalah seluruh peserta didikkelas VII dengan sampelyang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIG dan VIIHyang dipilih dengan teknik purposive samplingberdasarkan pertimbangan nilai peserta didik. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data keterampilan kolaborasi diperoleh melalui observasi keterampilan kolaborasisedangkan data keterampilan berpikir tingkat tinggidiperoleh dari skor pretest dan posttest.Data keterampilan kolaborasi dianalisis secara deskriptif danketerampilan berpikir tingkat tinggidianalisis dengan uji Independent Sample t-Testpada taraf kepercayaan 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata keterampilan kolaborasi kelas ekperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, dan indikator paling tinggi pada keterampilan kolaborasi adalah kemampuan kerjasama dengan kriteria sangat baik.Keterampilan berpikir tingkat tinggi kelas ekperimen juga lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan rata-rata N-gain pada kelas eksperimen sebesar (0,343±0,138)sedangkan pada kelas kontrol sebesar (0,200±0,117) kedua kelas tersebut menunjukan adanya perbedaan yang signifikan. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Discovery Learningdapat meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi peserta didiksecara signifikan.
Kata kunci : discovery Learning, keterampilan berpikir tingkat tinggi, keterampilan kolaborasi, |
id |
IOS4198.55854 |
institution |
Universitas Lampung |
institution_id |
43 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Lampung |
library_id |
537 |
collection |
Digital Repository Unila |
repository_id |
4198 |
subject_area |
Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial Agriculture/Industri Pertanian Econmics/Ilmu Ekonomi |
city |
KOTA BANDAR LAMPUNG |
province |
LAMPUNG |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4198 |
first_indexed |
2019-05-07T03:33:40Z |
last_indexed |
2019-05-07T03:33:40Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686096934656278528 |
score |
17.538404 |