PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK

Main Author: ALMAIDAH BALQIST , 1413024003
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/55854/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55854/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55854/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55854/
ctrlnum 55854
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN &#xD; BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK&#xD; </title><creator>ALMAIDAH BALQIST , 1413024003</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>QH301 Biology</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak penggunaan modelDiscovery Learning dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi peserta didik SMP kelas VII.Penelitian ini menggunakannonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi dari penelitianini adalah seluruh peserta didikkelas VII dengan sampelyang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIG dan VIIHyang dipilih dengan teknik purposive samplingberdasarkan pertimbangan nilai peserta didik. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data keterampilan kolaborasi diperoleh melalui observasi keterampilan kolaborasisedangkan data keterampilan berpikir tingkat tinggidiperoleh dari skor pretest dan posttest.Data keterampilan kolaborasi dianalisis secara deskriptif danketerampilan berpikir tingkat tinggidianalisis dengan uji Independent Sample t-Testpada taraf kepercayaan 5%. &#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata keterampilan kolaborasi kelas ekperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, dan indikator paling tinggi pada keterampilan kolaborasi adalah kemampuan kerjasama dengan kriteria sangat baik.Keterampilan berpikir tingkat tinggi kelas ekperimen juga lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan rata-rata N-gain pada kelas eksperimen sebesar (0,343&#xB1;0,138)sedangkan pada kelas kontrol sebesar (0,200&#xB1;0,117) kedua kelas tersebut menunjukan adanya perbedaan yang signifikan. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Discovery Learningdapat meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi peserta didiksecara signifikan.&#xD; &#xD; Kata kunci : discovery Learning, keterampilan berpikir tingkat tinggi, keterampilan kolaborasi,</description><publisher>FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN</publisher><date>2019-02-12</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/55854/1/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/55854/2/SKRIPSI%20FULL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/55854/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf</identifier><identifier> ALMAIDAH BALQIST , 1413024003 (2019) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/55854/</relation><recordID>55854</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Report:Report
Report
author ALMAIDAH BALQIST , 1413024003
title PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK
publisher FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
publishDate 2019
isbn 9781413024005
topic LB Theory and practice of education
QH301 Biology
url http://digilib.unila.ac.id/55854/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55854/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55854/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55854/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak penggunaan modelDiscovery Learning dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi peserta didik SMP kelas VII.Penelitian ini menggunakannonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi dari penelitianini adalah seluruh peserta didikkelas VII dengan sampelyang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIG dan VIIHyang dipilih dengan teknik purposive samplingberdasarkan pertimbangan nilai peserta didik. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data keterampilan kolaborasi diperoleh melalui observasi keterampilan kolaborasisedangkan data keterampilan berpikir tingkat tinggidiperoleh dari skor pretest dan posttest.Data keterampilan kolaborasi dianalisis secara deskriptif danketerampilan berpikir tingkat tinggidianalisis dengan uji Independent Sample t-Testpada taraf kepercayaan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata keterampilan kolaborasi kelas ekperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, dan indikator paling tinggi pada keterampilan kolaborasi adalah kemampuan kerjasama dengan kriteria sangat baik.Keterampilan berpikir tingkat tinggi kelas ekperimen juga lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan rata-rata N-gain pada kelas eksperimen sebesar (0,343±0,138)sedangkan pada kelas kontrol sebesar (0,200±0,117) kedua kelas tersebut menunjukan adanya perbedaan yang signifikan. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Discovery Learningdapat meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi peserta didiksecara signifikan. Kata kunci : discovery Learning, keterampilan berpikir tingkat tinggi, keterampilan kolaborasi,
id IOS4198.55854
institution Universitas Lampung
institution_id 43
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Lampung
library_id 537
collection Digital Repository Unila
repository_id 4198
subject_area Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial
Agriculture/Industri Pertanian
Econmics/Ilmu Ekonomi
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4198
first_indexed 2019-05-07T03:33:40Z
last_indexed 2019-05-07T03:33:40Z
recordtype dc
_version_ 1686096934656278528
score 17.538404