PENGGUNAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK ASSERTIVE TRAINING DALAM MENINGKATKAN SELF ESTEEM PADA SISWA SMP NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG

Main Author: REFIYANA, 1413052051
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/55801/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55801/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55801/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55801/
Daftar Isi:
  • Masalah penelitian ini adalah self esteem siswa rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan layanan konseling kelompok teknik assertive training dalam meningkatkan self esteem pada siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian ini adalah metode quasi experimental dengan time series design. Subjek penelitian sebanyak 8 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala self esteem. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan layanan konseling kelompok teknik assertive training dapat meningkatkan self esteem siswa, hal ini ditunjukan dari hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon Matched Pairs Test, diperoleh zhitung = -2,521<ztabel = 1,645 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hipotesis yang diterima dalam penelitian ini adalah penggunaan layanan konseling kelompok teknik assertive training dapat meningkatkan self esteem siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Bandar Lampung. Kesimpulan penelitian ini adalah layanan konseling kelompok teknik assertive training dapat dipergunakan untuk meningkatkan self esteem siswa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018. Kata kunci : konseling kelompok, assertive training dan self esteem