STUDI PERBANDINGAN MORALITAS SISWA ANTARA PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE(VCT) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN MEMPERHATIKAN SIKAP TERHADAP MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Main Author: WIGATI NURSAFITRI, 1413031068
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: UNIVERSITAS LAMPUNG , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/32345/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32345/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32345/3/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32345/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan moralitas antara penggunaan model pembelajaran yang berbeda terhadap mata pelajaran IPS. Metode yang digunakan penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Populasi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pringsewu, sampel 64 siswa. Uji hipotesis menggunakan Analisis Varians Dua Jalan (ANAVA) dan T-test dua sampel independen. Hasil 1) Ada perbedaan moralitas antara siswa yang diajar menggunakan model VCT dan STAD pada mata pelajaran IPS, 2) Moralitas siswa yang pembelajarannya menggunakan VCT lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan STAD bagi siswa yang memiliki sikap positif terhadap mata pelajaran, 3) Moralitas siswa yang pembelajarannya menggunakan STAD lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan VCT bagi siswa yang memiliki sikap negatif terhadap mata pelajaran, 4) Ada interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan sikap siswa pada mata pelajaran IPS terhadap moralitas siswa. Kata Kunci : Model VCT, Model STAD, Moralitas, Sikap Belajar