PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IVA SD NEGERI 1 BERINGIN RAYA

Main Author: RESTY FANNY, 1513069004
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/29359/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/29359/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/29359/15/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/29359/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas IVA SD Negeri 1 Beringin Raya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IVA SD Negeri 1 Beringin Raya dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan soal tes formatif. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I dengan katagori “Cukup aktif“, sedangkan pada siklus II dengan katagori “Aktif”. Hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I dengan katagori “Baik” dan pada siklus II dengan katagori “Baik”. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, CTL.