ctrlnum 15730
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF &#xD; TIPE STAD DAN TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS)&#xD; PADA SISWA KELAS X SEMESTER GANJIL&#xD; SMK PGRI 2 BANDAR LAMPUNG &#xD; TAHUN PELAJARAN 2011/2012&#xD; </title><creator>0853031043, Siti Rochmah</creator><subject>A General Works = Karya Karya Umum</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Stad dan Think Pair and Share terhadap hasil belajar yang dimiliki siswa pada mata pelajaran ekonomi. Kedua model pembelajaran diterapkan dikelas yang berbeda.Model Stad pada kelas eksperimen, yaitu kelas X Akuntansi1 dan model TPS pada kelas kontrol yaitu kelas X Akuntansi2. &#xD; &#xD; Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu desain faktorial 2x2 (dua kali dua). Dalam desain ini variabel bebas yang dimanipulasi (pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TPS) disebut eksperimental (X1), sedangkan variabel bebas yang kedua disebut variabel moderator (X2) yaitu kemampuan awal siswa yang dibagi menjadi dua tingkatan, yaitu tinggi dan rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:&#xD; 1. hasil belajar ekonomi siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran think pair and share.&#xD; 2. hasil belajar ekonomi pada siswa yang memiliki kemampuan awal yang tinggi yang pembelajarannya menggunakan model STAD lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran think pair and share.&#xD; 3. hasil belajar ekonomi pada siswa yang memiliki kemampuan awal rendah dengan pembelajaran menggunakan model think pair and share lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran STAD.&#xD; 4. ada interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar.&#xD; &#xD; &#xD; &#xD; Hasil penelitian menunjukkan (1) pada pengujian hipotesis pertama menggunakan rumus Analisis Varian Dua Jalan diperoleh Fhitung 9,058 dan Ftabel 4,062 menunjukkan bahwa Fhitung &gt; Ftabel maka hipotesis diterima, (2) pada pengujian hipotesis kedua menggunakan rumus T-test Dua Sampel Independen diperoleh Thitung 2,211 &gt; Ttabel 2,074 menunjukkan bahwa Thitung &gt; Ttabel maka hipotesis diterima, (3) pada pengujian hipotesis ketiga menggunakan rumus T-test Dua Sampel Independen diperoleh Fhitung 2,050 &lt; Ftabel 2,074 menunjukkan bahwa Thitung &lt; Ttabel maka hipotesis ditolak, (4) pada pengujian hipotesis keempat karena hipotesis satu dan kedua diterima sedangkan yang hipotesis ketiga ditolak, maka hipotesis ke empat ditolak. Hal ini dapat dibuktikan melalui pengujian ke empat menggunakan Analisis Varian Dua Jalan diperoleh Fhitung 0,002 &lt; Ftabel 4,062 berarti hipotesis ditolak dengan demikian dapat disimpulkan tidak terdapat interaksi antar model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa.&#xD; &#xD; Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut:&#xD; 1. Terdapat perbedaan antara hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe TPS. &#xD; 2. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dalam meningkatkan rata-rata hasil belajar ekonomi pada siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kemampuan awal rendah.&#xD; 3. Terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi siswa berkemampuan awal rendah yang diajar menggunakan model pembelajaran tipe STAD dan tipe TPS. Hal ini terlihat bahwa hasil belajar ekonomi siswa berkemampuan awal rendah yang diajarkan menggunakan model pembelajaran STAD lebih tinggi dibandingkan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran TPS.&#xD; 4. Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa dalam mata pelajaran ekonomi.&#xD; &#xD; </description><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15730/1/bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15730/2/bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15730/3/bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15730/4/bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15730/5/bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15730/6/cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15730/7/cv.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15730/8/daftar%20pustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15730/8/motto.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15730/9/pengesahan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15730/9/pernyataan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15730/10/persembahan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15730/11/ABSTRAK%20rama.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/15730/12/persetujuan.pdf</identifier><identifier> 0853031043, Siti Rochmah STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS X SEMESTER GANJIL SMK PGRI 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/15730/</relation><recordID>15730</recordID></dc>
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Report:Report
Report
author 0853031043, Siti Rochmah
title STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS X SEMESTER GANJIL SMK PGRI 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012
isbn 9780853031048
topic A General Works = Karya Karya Umum
url http://digilib.unila.ac.id/15730/1/bab%201.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15730/2/bab%202.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15730/3/bab%203.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15730/4/bab%204.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15730/5/bab%205.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15730/6/cover.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15730/7/cv.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15730/8/daftar%20pustaka.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15730/8/motto.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15730/9/pengesahan.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15730/9/pernyataan.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15730/10/persembahan.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15730/11/ABSTRAK%20rama.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15730/12/persetujuan.pdf
http://digilib.unila.ac.id/15730/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Stad dan Think Pair and Share terhadap hasil belajar yang dimiliki siswa pada mata pelajaran ekonomi. Kedua model pembelajaran diterapkan dikelas yang berbeda.Model Stad pada kelas eksperimen, yaitu kelas X Akuntansi1 dan model TPS pada kelas kontrol yaitu kelas X Akuntansi2. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu desain faktorial 2x2 (dua kali dua). Dalam desain ini variabel bebas yang dimanipulasi (pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TPS) disebut eksperimental (X1), sedangkan variabel bebas yang kedua disebut variabel moderator (X2) yaitu kemampuan awal siswa yang dibagi menjadi dua tingkatan, yaitu tinggi dan rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. hasil belajar ekonomi siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran think pair and share. 2. hasil belajar ekonomi pada siswa yang memiliki kemampuan awal yang tinggi yang pembelajarannya menggunakan model STAD lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran think pair and share. 3. hasil belajar ekonomi pada siswa yang memiliki kemampuan awal rendah dengan pembelajaran menggunakan model think pair and share lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran STAD. 4. ada interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan (1) pada pengujian hipotesis pertama menggunakan rumus Analisis Varian Dua Jalan diperoleh Fhitung 9,058 dan Ftabel 4,062 menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel maka hipotesis diterima, (2) pada pengujian hipotesis kedua menggunakan rumus T-test Dua Sampel Independen diperoleh Thitung 2,211 > Ttabel 2,074 menunjukkan bahwa Thitung > Ttabel maka hipotesis diterima, (3) pada pengujian hipotesis ketiga menggunakan rumus T-test Dua Sampel Independen diperoleh Fhitung 2,050 < Ftabel 2,074 menunjukkan bahwa Thitung < Ttabel maka hipotesis ditolak, (4) pada pengujian hipotesis keempat karena hipotesis satu dan kedua diterima sedangkan yang hipotesis ketiga ditolak, maka hipotesis ke empat ditolak. Hal ini dapat dibuktikan melalui pengujian ke empat menggunakan Analisis Varian Dua Jalan diperoleh Fhitung 0,002 < Ftabel 4,062 berarti hipotesis ditolak dengan demikian dapat disimpulkan tidak terdapat interaksi antar model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1. Terdapat perbedaan antara hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe TPS. 2. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dalam meningkatkan rata-rata hasil belajar ekonomi pada siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kemampuan awal rendah. 3. Terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi siswa berkemampuan awal rendah yang diajar menggunakan model pembelajaran tipe STAD dan tipe TPS. Hal ini terlihat bahwa hasil belajar ekonomi siswa berkemampuan awal rendah yang diajarkan menggunakan model pembelajaran STAD lebih tinggi dibandingkan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran TPS. 4. Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa dalam mata pelajaran ekonomi.
id IOS4198.15730
institution Universitas Lampung
institution_id 43
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Lampung
library_id 537
collection Digital Repository Unila
repository_id 4198
subject_area Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial
Agriculture/Industri Pertanian
Econmics/Ilmu Ekonomi
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4198
first_indexed 2017-04-20T08:24:27Z
last_indexed 2017-04-20T08:24:27Z
recordtype dc
_version_ 1686096719706587136
score 17.538404