PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH, MOTIVASI BELAJAR, DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 1 PUNDUH PEDADA TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Main Author: | Sucipto, SUHARDIANSYAH |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Report |
Terbitan: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/1403/ |
ctrlnum |
1403 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH, MOTIVASI BELAJAR, DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL
BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SEMESTER
GANJIL SMP NEGERI 1 PUNDUH PEDADA
TAHUN PELAJARAN
2012/2013</title><creator>Sucipto, SUHARDIANSYAH</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar di sekolah, motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 1 Punduh Pedada Tahun Pelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 1 Punduh Pedada sebanyak 5 kelas dengan jumlah siswa keseluruhan 172 orang. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan probability sampling didapat sampel sebanyak 120 orang. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah penelitian verifikatif dengan pendekatan ex post facto. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh lingkungan belajar di sekolah, motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 1 Punduh Pedada Tahun Pelajaran 2012/2013. Berdasarkan analisis diperoleh hasil penelitian yang menunjukan bahwa, (1) ada pengaruh lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 1 Punduh Pedada Tahun Pelajaran 2012/2013, (2) ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 1 Punduh Pedada Tahun Pelajaran 2012/2013, (3) ada pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 1 Punduh Pedada Tahun Pelajaran 2012/2013 (4) ada pengaruh lingkungan belajar di sekolah, motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 1 Punduh Pedada Tahun Pelajaran 2012/2013.
Kata kunci: Lingkungan Belajar di Sekolah, Motivasi Belajar, Disiplin Belajar dan Hasil Belajar.</description><publisher>Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan</publisher><date>2013-06-05</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Sucipto, SUHARDIANSYAH (2013) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH, MOTIVASI BELAJAR, DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 1 PUNDUH PEDADA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/1403/</relation><recordID>1403</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Report:Report Report |
author |
Sucipto, SUHARDIANSYAH |
title |
PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH, MOTIVASI BELAJAR, DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL
BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SEMESTER
GANJIL SMP NEGERI 1 PUNDUH PEDADA
TAHUN PELAJARAN
2012/2013 |
publisher |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
publishDate |
2013 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://digilib.unila.ac.id/1403/ |
contents |
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar di sekolah, motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 1 Punduh Pedada Tahun Pelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 1 Punduh Pedada sebanyak 5 kelas dengan jumlah siswa keseluruhan 172 orang. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan probability sampling didapat sampel sebanyak 120 orang. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah penelitian verifikatif dengan pendekatan ex post facto. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh lingkungan belajar di sekolah, motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 1 Punduh Pedada Tahun Pelajaran 2012/2013. Berdasarkan analisis diperoleh hasil penelitian yang menunjukan bahwa, (1) ada pengaruh lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 1 Punduh Pedada Tahun Pelajaran 2012/2013, (2) ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 1 Punduh Pedada Tahun Pelajaran 2012/2013, (3) ada pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 1 Punduh Pedada Tahun Pelajaran 2012/2013 (4) ada pengaruh lingkungan belajar di sekolah, motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 1 Punduh Pedada Tahun Pelajaran 2012/2013.
Kata kunci: Lingkungan Belajar di Sekolah, Motivasi Belajar, Disiplin Belajar dan Hasil Belajar. |
id |
IOS4198.1403 |
institution |
Universitas Lampung |
institution_id |
43 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Lampung |
library_id |
537 |
collection |
Digital Repository Unila |
repository_id |
4198 |
subject_area |
Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial Agriculture/Industri Pertanian Econmics/Ilmu Ekonomi |
city |
KOTA BANDAR LAMPUNG |
province |
LAMPUNG |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4198 |
first_indexed |
2017-04-20T08:04:58Z |
last_indexed |
2017-04-20T08:04:58Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686096522829103104 |
score |
17.538404 |