PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE (TPS) TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM PERTAHANAN TUBUH DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA (Studi Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI Semester Genap SMAN 8 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011)
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif TPS terhadap penguasaan materi dan aktivitas belajar biologi siswa pada materi pokok sistem pertahanan tubuh. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan sampel siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 34 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Desain penelitian adalah pretes-postes group control. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yaitu penguasaan materi siswa melalui pretes dan postes sehingga diperoleh N-Gain. Analisis data menggunakan uji–t pada taraf kepercayaan 5% dengan menggunakan program SPSS 17. Data kualitatif yaitu aktivitas belajar siswa yang diamati menggunakan lembar observasi dan dianalisis menggunakan indeks aktivitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penguasaan materi siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada penguasaan materi siswa kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari nilai N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 76,16 lebih tinggi dibandingkan dengan N-Gain pada kelas kontrol yang hanya 66,27. Peningkatan aktivitas belajar siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen lebih tinggi (9,4%) dibandingkan dengan kelas kontrol (0,5%). Pada kelas eksperimen aspek aktivitas tertinggi adalah kecakapan komunikasi pada tahap sharing yang meliputi bahasa yang digunakan, kesesuaian pertanyaan dengan materi dan kemampuan mempertahankan pendapat. Tingginya kecakapan komunikasi ini karena siswa sudah “berlatih” berdiskusi memecahkan persoalan dengan pasangannya pada tahap pairing. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif TPS terhadap penguasaaan materi pokok sistem pertahanan tubuh dan aktivitas belajar pada siswa kelas XI SMA Negeri 8 Bandar Lampung. Kata kunci : pembelajaran kooperatif TPS, penguasaan materi, dan aktivitas belajar siswa.