EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MULTIMEDIA MELALUI METODE DISKUSI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP OLEH SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Talang Padang Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013)
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan multimedia melalui metode diskusi terhadap aktivitas belajar dan penguasaan konsep oleh siswa pada materi ekosistem pada siswa kelas VII SMP N 1 Talang Padang dengan menggunakan multimedia melalui metode diskusi. Penelitian ini menggunakan penelitian studi eksperimen dengan desain penelitian adalah pretes-postes tak equivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII.2 dan VII.3 yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian ini diperoleh dari data kualitatif dan kuantitatif, kemudian dihitung selisihnya dan diperoleh N-gain, serta lembar observasi aktivitas belajar siswa. Analisis data menggunakan Uji Mann- Whitney U. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa multimedia berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar siswa dengan rata-rata kelas eksperimen 86,81% lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 64,06%, aspek kemampuan bekerjasama dalam kelompok merupakan aktivitas dengan kriteria sangat tinggi yang dicapai siswa pada kelas yang menggunakan multimedia.penguasaan konsep pada kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain 33,59 lebih tinggi daripada rata-rata N-gain pada kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi yaitu 31,97. Indikator C4 (analyze) dengan kriteria sangat tinggi yang dicapai siswa dengan menggunakan multimedia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas multimedia berpengaruh signifikan terhadap peningkatan aktivitas belajar dan penguasaan konsep oleh siswa pada materi pokok ekosistem. Kata kunci: multimedia melalui metode diskusi, aktivitas belajar, penguasaan konsep, ekosistem.