ctrlnum 1018
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title> EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MULTIMEDIA MELALUI METODE DISKUSI &#xD; TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP OLEH SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM &#xD; (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Talang Padang Semester Genap Tahun &#xD; Pelajaran 2012/2013) </title><creator>Sahril, Erlis Miarti </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>QH301 Biology</subject><description> &#xD; Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan multimedia melalui &#xD; metode diskusi terhadap aktivitas belajar dan penguasaan konsep oleh siswa pada &#xD; materi ekosistem pada siswa kelas VII SMP N 1 Talang Padang dengan &#xD; menggunakan multimedia melalui metode diskusi. Penelitian ini menggunakan &#xD; penelitian studi eksperimen dengan desain penelitian adalah pretes-postes tak &#xD; equivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII.2 dan VII.3 yang &#xD; dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian ini &#xD; diperoleh dari data kualitatif dan kuantitatif, kemudian dihitung selisihnya dan &#xD; diperoleh N-gain, serta lembar observasi aktivitas belajar siswa. Analisis data &#xD; menggunakan Uji Mann- Whitney U. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa multimedia berpengaruh signifikan &#xD; terhadap aktivitas belajar siswa dengan rata-rata kelas eksperimen 86,81% lebih &#xD; tinggi daripada kelas kontrol yaitu 64,06%, aspek kemampuan bekerjasama dalam &#xD; kelompok merupakan aktivitas dengan kriteria sangat tinggi yang dicapai siswa &#xD; pada kelas yang menggunakan multimedia.penguasaan konsep pada kelas &#xD; eksperimen dengan rata-rata N-gain 33,59 lebih tinggi daripada rata-rata N-gain &#xD; pada kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi yaitu 31,97. Indikator C4 &#xD; (analyze) dengan kriteria sangat tinggi yang dicapai siswa dengan menggunakan &#xD; multimedia. &#xD; Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas multimedia berpengaruh &#xD; signifikan terhadap peningkatan aktivitas belajar dan penguasaan konsep oleh &#xD; siswa pada materi pokok ekosistem. &#xD; Kata kunci: multimedia melalui metode diskusi, aktivitas belajar, penguasaan &#xD; konsep, ekosistem. </description><publisher>Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan</publisher><date>2013-03-07</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1018/1/2.%20COVER%20DALAM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1018/2/1.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1018/3/4.%20HALAMAN%20MENYETUJUI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1018/4/5.%20HALAMAN%20MENGESAHKAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1018/5/6.%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1018/6/11.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1018/7/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1018/8/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1018/9/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1018/10/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1018/11/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1018/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Document:Archive</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1018/13/LAMPIRAN.zip</identifier><identifier> Sahril, Erlis Miarti (2013) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MULTIMEDIA MELALUI METODE DISKUSI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP OLEH SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Talang Padang Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/1018/</relation><recordID>1018</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Document:Archive
Document
Report:Report
Report
author Sahril, Erlis Miarti
title EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MULTIMEDIA MELALUI METODE DISKUSI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP OLEH SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Talang Padang Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013)
publisher Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
publishDate 2013
topic LB Theory and practice of education
QH301 Biology
url http://digilib.unila.ac.id/1018/1/2.%20COVER%20DALAM.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1018/2/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1018/3/4.%20HALAMAN%20MENYETUJUI.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1018/4/5.%20HALAMAN%20MENGESAHKAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1018/5/6.%20PERNYATAAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1018/6/11.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1018/7/BAB%20I.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1018/8/BAB%20II.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1018/9/BAB%20III.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1018/10/BAB%20IV.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1018/11/BAB%20V.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1018/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/1018/13/LAMPIRAN.zip
http://digilib.unila.ac.id/1018/
contents Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan multimedia melalui metode diskusi terhadap aktivitas belajar dan penguasaan konsep oleh siswa pada materi ekosistem pada siswa kelas VII SMP N 1 Talang Padang dengan menggunakan multimedia melalui metode diskusi. Penelitian ini menggunakan penelitian studi eksperimen dengan desain penelitian adalah pretes-postes tak equivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII.2 dan VII.3 yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian ini diperoleh dari data kualitatif dan kuantitatif, kemudian dihitung selisihnya dan diperoleh N-gain, serta lembar observasi aktivitas belajar siswa. Analisis data menggunakan Uji Mann- Whitney U. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa multimedia berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar siswa dengan rata-rata kelas eksperimen 86,81% lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 64,06%, aspek kemampuan bekerjasama dalam kelompok merupakan aktivitas dengan kriteria sangat tinggi yang dicapai siswa pada kelas yang menggunakan multimedia.penguasaan konsep pada kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain 33,59 lebih tinggi daripada rata-rata N-gain pada kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi yaitu 31,97. Indikator C4 (analyze) dengan kriteria sangat tinggi yang dicapai siswa dengan menggunakan multimedia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas multimedia berpengaruh signifikan terhadap peningkatan aktivitas belajar dan penguasaan konsep oleh siswa pada materi pokok ekosistem. Kata kunci: multimedia melalui metode diskusi, aktivitas belajar, penguasaan konsep, ekosistem.
id IOS4198.1018
institution Universitas Lampung
institution_id 43
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Lampung
library_id 537
collection Digital Repository Unila
repository_id 4198
subject_area Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial
Agriculture/Industri Pertanian
Econmics/Ilmu Ekonomi
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4198
first_indexed 2017-04-20T08:04:29Z
last_indexed 2017-04-20T08:04:29Z
recordtype dc
_version_ 1686096519905673216
score 17.538404