EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MULTIMEDIA MELALUI METODE DISKUSI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP OLEH SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Talang Padang Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013)
ctrlnum |
1018 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title> EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MULTIMEDIA MELALUI METODE DISKUSI 
TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP OLEH SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM 
(Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Talang Padang Semester Genap Tahun 
Pelajaran 2012/2013) </title><creator>Sahril, Erlis Miarti </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>QH301 Biology</subject><description> 
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan multimedia melalui 
metode diskusi terhadap aktivitas belajar dan penguasaan konsep oleh siswa pada 
materi ekosistem pada siswa kelas VII SMP N 1 Talang Padang dengan 
menggunakan multimedia melalui metode diskusi. Penelitian ini menggunakan 
penelitian studi eksperimen dengan desain penelitian adalah pretes-postes tak 
equivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII.2 dan VII.3 yang 
dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian ini 
diperoleh dari data kualitatif dan kuantitatif, kemudian dihitung selisihnya dan 
diperoleh N-gain, serta lembar observasi aktivitas belajar siswa. Analisis data 
menggunakan Uji Mann- Whitney U. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa multimedia berpengaruh signifikan 
terhadap aktivitas belajar siswa dengan rata-rata kelas eksperimen 86,81% lebih 
tinggi daripada kelas kontrol yaitu 64,06%, aspek kemampuan bekerjasama dalam 
kelompok merupakan aktivitas dengan kriteria sangat tinggi yang dicapai siswa 
pada kelas yang menggunakan multimedia.penguasaan konsep pada kelas 
eksperimen dengan rata-rata N-gain 33,59 lebih tinggi daripada rata-rata N-gain 
pada kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi yaitu 31,97. Indikator C4 
(analyze) dengan kriteria sangat tinggi yang dicapai siswa dengan menggunakan 
multimedia. 
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas multimedia berpengaruh 
signifikan terhadap peningkatan aktivitas belajar dan penguasaan konsep oleh 
siswa pada materi pokok ekosistem. 
Kata kunci: multimedia melalui metode diskusi, aktivitas belajar, penguasaan 
konsep, ekosistem. </description><publisher>Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan</publisher><date>2013-03-07</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1018/1/2.%20COVER%20DALAM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1018/2/1.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1018/3/4.%20HALAMAN%20MENYETUJUI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1018/4/5.%20HALAMAN%20MENGESAHKAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1018/5/6.%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1018/6/11.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1018/7/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1018/8/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1018/9/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1018/10/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1018/11/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1018/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Document:Archive</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/1018/13/LAMPIRAN.zip</identifier><identifier> Sahril, Erlis Miarti (2013) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MULTIMEDIA MELALUI METODE DISKUSI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP OLEH SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Talang Padang Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/1018/</relation><recordID>1018</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Document:Archive Document Report:Report Report |
author |
Sahril, Erlis Miarti |
title |
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MULTIMEDIA MELALUI METODE DISKUSI
TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP OLEH SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM
(Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Talang Padang Semester Genap Tahun
Pelajaran 2012/2013) |
publisher |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
publishDate |
2013 |
topic |
LB Theory and practice of education QH301 Biology |
url |
http://digilib.unila.ac.id/1018/1/2.%20COVER%20DALAM.pdf http://digilib.unila.ac.id/1018/2/1.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/1018/3/4.%20HALAMAN%20MENYETUJUI.pdf http://digilib.unila.ac.id/1018/4/5.%20HALAMAN%20MENGESAHKAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/1018/5/6.%20PERNYATAAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/1018/6/11.%20DAFTAR%20ISI.pdf http://digilib.unila.ac.id/1018/7/BAB%20I.pdf http://digilib.unila.ac.id/1018/8/BAB%20II.pdf http://digilib.unila.ac.id/1018/9/BAB%20III.pdf http://digilib.unila.ac.id/1018/10/BAB%20IV.pdf http://digilib.unila.ac.id/1018/11/BAB%20V.pdf http://digilib.unila.ac.id/1018/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.unila.ac.id/1018/13/LAMPIRAN.zip http://digilib.unila.ac.id/1018/ |
contents |
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan multimedia melalui
metode diskusi terhadap aktivitas belajar dan penguasaan konsep oleh siswa pada
materi ekosistem pada siswa kelas VII SMP N 1 Talang Padang dengan
menggunakan multimedia melalui metode diskusi. Penelitian ini menggunakan
penelitian studi eksperimen dengan desain penelitian adalah pretes-postes tak
equivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII.2 dan VII.3 yang
dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian ini
diperoleh dari data kualitatif dan kuantitatif, kemudian dihitung selisihnya dan
diperoleh N-gain, serta lembar observasi aktivitas belajar siswa. Analisis data
menggunakan Uji Mann- Whitney U. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa multimedia berpengaruh signifikan
terhadap aktivitas belajar siswa dengan rata-rata kelas eksperimen 86,81% lebih
tinggi daripada kelas kontrol yaitu 64,06%, aspek kemampuan bekerjasama dalam
kelompok merupakan aktivitas dengan kriteria sangat tinggi yang dicapai siswa
pada kelas yang menggunakan multimedia.penguasaan konsep pada kelas
eksperimen dengan rata-rata N-gain 33,59 lebih tinggi daripada rata-rata N-gain
pada kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi yaitu 31,97. Indikator C4
(analyze) dengan kriteria sangat tinggi yang dicapai siswa dengan menggunakan
multimedia.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas multimedia berpengaruh
signifikan terhadap peningkatan aktivitas belajar dan penguasaan konsep oleh
siswa pada materi pokok ekosistem.
Kata kunci: multimedia melalui metode diskusi, aktivitas belajar, penguasaan
konsep, ekosistem. |
id |
IOS4198.1018 |
institution |
Universitas Lampung |
institution_id |
43 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Lampung |
library_id |
537 |
collection |
Digital Repository Unila |
repository_id |
4198 |
subject_area |
Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial Agriculture/Industri Pertanian Econmics/Ilmu Ekonomi |
city |
KOTA BANDAR LAMPUNG |
province |
LAMPUNG |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4198 |
first_indexed |
2017-04-20T08:04:29Z |
last_indexed |
2017-04-20T08:04:29Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686096519905673216 |
score |
17.538404 |